Kisruh Dumay, Polres Pulpis Damaikan secara Kekeluargaan

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Media sosial (medsos) yang seharusnya dijadikan sebagai wadah mencari pertemanan, ajang silaturahmi dan sebagai media dakwah sejatinya jangan sampai digunakan ke hal yang bisa merugikan diri sendiri apalagi orang lain.

Tak sedikit sudah warga net yang terjerat hukum akibat terlalu berkicau di media sosial (medsos). Baik itu, terkait pencemaran nama baik, ujaran kebencian, penghinaan dan perbuatan lainnya yang melanggar UU ITE.

Seperti yang disampaikan oleh pihak Polres Pulpis, kepada awak media, Jumat (2/2/2018) sekirat pukuk 13.30 WIB, pihaknya telah mendamaikan selisih paham antar warganet/nitizen yang terjadi di medsos facebook.

“Mediasi tersebut kami lakukan karena Suratman (44) salah satu warga Pulpis Pisau melapor ke Polres karena tidak terima nama baiknya dicemarkan,” kata Kapolres Pulpis, AKBP Dedy Sumarsono di Aula Mapolres yang juga didampingi Kasatreskrim AKP Edia Sutaata.

Diketahui, adapun beberapa pemilik akun yang terlibat dalam permasalahan tersebut, yakni atas nama: Frans Surentu (53), Jantar Mas (52) dan Budi Fazrinoor (50). Ketiga orang tersebut dipanggil oleh penyidik untuk dipertemukan dengan Suratman yang merasa mendapat perlakuan tidak nyaman dari ketiga akun Facebook tersebut.

Setelah dipertemukan, kedua belah pihak bersepakat menyelesaikan permasalahan ini dengan jalan kekeluargaan tanpa ada paksaan dari pihak manapun dengan dibuktikan menandatangani surat perdamaian di atas meterai.

Kedua belah pihak akhirnya juga bersepakat untuk tidak akan mengungkit permasalahan yang sudah selesai dan selanjutnya akan menggunakan media sosial dengan sopan dan bijak.

Sementara itu, dalam arahannya, Kapolres Pulpis, mengajak seluruh warganet  khusus yang ada di Kabupaten Pulpis untuk santun dan bijak dalam bermedsos, mengingat medsos ini sangat rentan dan dapat merubah situasi dengan cepat.

“Gunakan media sosial dengan positif, berbeda boleh tapi tujuannya tetap satu mewujudkan situasi masyarakat yang aman, tenteram dan kondusif, apalagi kita sekarang menghadapi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pulang Pisau tahun 2018. Jadi, mari semua kita bergandengan tangan untuk mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan itu,” tutup Kapolres. [manan] 

TAG