• Latest News

    Sabtu, 24 Februari 2018

    Kerusakan Jalan Taman Kuliner Yos Sudarso Tanggung Jawab Pemprov


    foto:
    RUSAK - Infrastruktur jalan menuju taman kukiner Tunggal Sangomang, ujung Jalan Yos Sudarso  terlihat rusak parah.

    PALANGKA RAYA - Jalan menuju taman kuliner Tunggal Sangomang di jalan Yos Sudarso ujung yang baru diresmikan Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia beberapa waktu lalu, kini rusak. Kondisi ini dikeluhan masyarakat setempat,  termasuk warga yang berkunjung ke kawasan kuliner tersebut.

    Seperti diungkapkan Yundi (40), warga sekitar Jalan Yos Sudarso, jalan tersebut sudah cukup lama berlobang dan belum ada perbaikan. Bahkan kerusakan tidak hanya satu titik saja, terutama pada jalur kiri jalan Yos Sudarso ujung.

    "Ada beberapa titik jalan yang berlobang. Mestinya pemerintah memperhatikan kondisi ini, sebab jalan ini menjadi jalur cepat menuju taman kuliner, bahkan menjadi jalan poros utama," ucapnya saat dibincangi, Sabtu (24/2/2018).

    Secara terpisah, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Albert Tombak mengatakan, untuk Jalan Yos Sudarso yang dimulai dari arah Bundaran Besar hingga ujung jalan Yos Sudarso merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi Kalteng.

    Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya  melalui PUPR, kata dia, tidak memprogramkan perbaikan atau perawatan jalan Yos Sudarso, termasuk jalur jalan menuju ke taman kuliner Tunggal Sangomang. Ini mengingat pihaknya lebih memprioritaskan pada pengerjaan yang sudah masuk dalam e-planing Pemko.

    Di samping itu, juga karena anggaran yang masih minim. Tahun 2016 lalu, pihaknya mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp100 miliar lebih untuk pengerjaan jalan, baik untuk perawatan maupun untuk perbaikan.

    "Lalu pada 2017 mendapatkan Rp74 miliar, tapi ternyata tahun 2018 ini hanya Rp46 miliar," katanya.

    Pengurangan yang terus berlanjut ini, menurut Albert, tentunya akan berpengaruh pula kepada pekerjaan yang harus pihaknya lakukan.

    Dengan minimnya anggaran setiap tahunnya, Dinas PUPR hanya bisa memaksimalkan untuk melakukan perawatan jalan poros dalam kota yang sifatnya mendesak, sehingga anggaran yang ada tersebut tidak bisa dialokasikan kepada penggunaan lain termasuk perawatan atau perbaikan jalan menuju taman kuliner Tunggal Sangomang.

    Pantauan di lapangan, terdapat beberapa titik jalan dalam kondisi berlobang yang cukup besar serta  tergenang air. Titik kerusakan untuk menuju ke pusat kuliner Palangka Raya tersebut, lebih banyak terlihat pada  jalur kiri Jalan Yos Sudaro dari arah Bundaran Besar.[edwan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kerusakan Jalan Taman Kuliner Yos Sudarso Tanggung Jawab Pemprov Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top