Kawasan Taman Sumbu Kurung bakal Disulap jadi Wisata Kuliner

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Untuk mengembangkan sektor pariwisata di bidang kuliner, Dinas Kebudayaan dan Parivisata (Disbudpar) dan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop) UMKM Kabupaten Pulang Pisau mensinergikan program pembangunan pengembangan kawasan wisata di Taman Sumbu Kurung, Jalan Panunjung Tarung, Kota Pulpis.

"Kita sudah menyiapkan konsep untuk Taman Sumbu Kurung, dan saat ini dalam tahap pengkajian," kata Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop) UMKM Kabupaten Pulang Pisau, Elieser Jaya, Rabu (28/2/2018) kepada awak media.

Pria yang sebelumnya menjabat Sekretaris DPRD Pulang Pisau ini mengatakan, setelah proses kajian dan seluruh dokumen proposal sudah lengkap, maka langkah selanjutnya akan kita sampaiakan ke Kementrian Pusat sebagai dasar usulan anggaran.

Menurutnya, konsep yang telah disiapkan untuk pengembangan kawasan wisata Taman Sumbu Kurung itu, di antaranya akan di bangun tempat-tempat berjualan di atas air sebagai pusat wisata kuliner.

"Konsep yang telah kita siapkan adalah pembangunan tempat berjualan sebagai wisata kuliner di atas air," ujarnya.

Dia juga mengatakan, dipilihnya pembangunan tempat wisata kuliner di atas air karena di sekitar taman tersebut lokasinya sangat tidak memungkinkan untuk pengembangan kawasan. Apalagi kalau sampai dibangun tempat untuk berjualan.

Elieser juga mengatakan, jika di kawasan Taman Sumbu Kurung  itu memiliki ruang sangat terbatas, dan kalau dibangun pusat kuliner di dalam areal itu, akan menjadikan kawasan menjadi kurang indah dan rapi.

"Yang tepat untuk pembangunan wisata kuliner itu, adalah di atas air. Dengan konsep yang telah kita siapkan tentunya Taman Sumbu Kurung akan semakin menjadi tempat yang nyaman dan favorit bagi masyarakat," ucapnya.

Sementara itu terpisah, Kepala Dispudpar Pulpis, Damek Panahan membenarkan, bahwa saat ini sudah menjalin komunikasi dan bersinergi pada program-program pengembangan sektor pariwisata dengan Disperindakop dan UMKM, salah satunya yang sedang dipersiapkan adalah pengembangan kawasan wisata Taman Sumbu Kurung.

Langkah sinergis dalam pengembangan program pariwisata di Kabupaten Pulang Pisau ini juga akan terus dilakukan dengan SOPD lainnya, sehingga diharapkan untuk mengembangkan potensi sektor pariwisata terealisasi dengan baik.

"Kami menyadari betapa pentingnya mensinergikan program dengan SOPD terkait. Dengan begitu, destinasi pariwisata akan semakin tumbuh dengan baik di daerah ini," pungkasnya.[manan]


TAG