Kalteng Punya Potensi Besar Promosikan Ekotourism

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah luasnya dua kali pulau Jawa. Ini cukup mengartikan wilayah Kalteng masih sangat luas, dan banyak potensi, khususnya bidang pariwisata. Termasuk wilayah Kota Palangka Raya memiliki tiga wajah yakni wajah kota,  wajah desa dan wajah hutan.

"Sebenarnya banyak yang bisa dikembangkan khususnya bidang ekotourism atau pariwisata. Kita bisa membuat event agrowisata atau ekowisata dengan mengundang pihak ke tiga atau investor nasional dari Jakarta atau pun luar negeri. Bisa juga bekerjasama dengan investor besar dari makanan, hotel dan lain sebagainya," tutur Pengamat Pariwisata dan Budaya, Lely Hendrawati Tundang SS kepada awak media, Kamis (15/2/2018).

Pengamat profesional bidang pariwisata ini memberikan masukan kepada pemerintah daerah baik kota maupun provinsi supaya di Bandara Tjilik Riwut disediakan space untuk masing  masing kebupaten kota guna memberikan informasi sekaligus mempromosikan daerahnya.

Objek wisata apa saja yang menarik di sana, berapa jarak tempuhnya, sehingga setiap tamu yang datang ke Palangka Raya khususnya dan Kalteng umumnya, memiliki destinasi atau tujuan wisata.

“Pemerintah daerah juga bisa mengundang investor nasional, khusus kuliner untuk membuka restoran, tidak hanya makanan khas daerah tapi juga masakan nasional," terang Lely yang mengaku sudah keliling di lima benua dan 52 negara ini. 

Satu yang hal penting, kata dia, di Palangka Raya belum ada pusat souvenir atau pernak-pernik khas Kalteng. Hanya ada satu di pasar besar jalan Batam dan itu jumlahnya sangat sedikit dan kurang menarik.

"Alangkah baiknya, ada satu kawasan khusus pusat souvenir atau pernak-pernik. Sehingga nantinya tamu yang datang, bisa menuju satu tujuan untuk berwisata,ujar Lely yang memiliki segudang pengalaman di bidang pariwisata," pungkasnya.[edwan]


TAG