Ini Tanggapan Panwaslih terkait Pengambilan Berkas Pencalonan

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Kapuas memberikan tanggapan terkait pengambilan kembali berkas syarat pencalonan oleh pasangan calon. Sebelumnya melalui kuasa hukumnya, pasangan Mawardi-Muhajirin (2M) melalui permohonan ingin mengambil berkas syarat pencalonan.

Ini dilakukan berdasarkan atas help desk KPU, mengingat pasca dikeluarkannya Surat Edaran KPU nomor 160 tentang penundaan tahapan dan perpanjangan pendaftaran.

Pihak KPU Kapuas untuk sementara waktu tidak bisa memberikan dengan alasan harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU Provinsi, dan disebutkan tidak bisa jika hanya berdasarkan help desk KPU.

Menurut pihak Panwaslih hal tersebut merupakan ranah KPU Kapuas, namun itu harus mengacu kepada aturan yang jelas.

"Harus kembali kepada aturan tertulis, tentang boleh tidaknya mengambil berkas," kata Iswahyudi Wibowo, Ketua Panwaslih Kapuas, Jumat (16/2/2018).

Pihaknya mengingkatkan agar KPU Kapuas berhati-hati mengeluarkan dokumen yang telah masuk. Saat ditanyakan aturan mekanisme tentang pengambilan berkas, dalam perundangan ataupun peraturan KPU pihaknya juga belum mengetahui.

"Belum saya temukan aturannya," imbuh Iswahyudi.

Lanjutnya, mestinya harus ada aturan yang jelas pula tentang pengambilan dokumen itu.

"Selama tidak ada aturan yang jelas Panwas tidak bisa memberikan saran karena tidak ada pedoman dan kepastian hukum," pungkas Iswahyudi.[zulkifli]

TAG