Infrastruktur Jalan Masih jadi Prioritas Usulan di Musrenbangdescam

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Musyawarah Rencana Pembangunan Desa tingkat Kecamatan (Musrenbangdescam) Kabupaten Barito Selatan yang digelar di Kelurahan Mangkatip, Kecamatan Dusun Hilir, Selasa (13/2/2018), infrastruktur jalan tampak masih menjadi primadona dalam usulan prioritas warga.

Dari total usulan sebanyak 143, ada 92 usulan yang memprioritaskan infrastruktur jalan. Baik berupa jalan akses antara desa, maupun jalan akses dari desa menuju ibukota kecamatan dan akses menuju jalan raya nasional.

Hal ini, menurut Camat Dusun Hilir, Ben Yuhadi SE, merupakan upaya masyarakat dalam membantu perencanaan pembangunan Barsel yang sesuai dengan program pembangunan yang dicanangkan oleh Pemkab.

"Kemajuan, kemandirian dan kesehatan masyarakat yang merata, hanya bisa terwujud melalui kemajuan, kemandirian dan daya saing produk pertanian yang luas, mencakup kualifikasi ekspor," dibeberkan Ben.

Dengan luas wilayah 2.065 Km2, Kecamatan Dusun Hilir, yang mempunyai 1 kelurahan, 9 desa dan 5 dusun, dihuni oleh 16.544 jiwa dari 5.023 kepala keluarga. Dari total jumlah penduduk tersebut, 80 persennya adalah bermata pencaharian sebagai petani, pekebun, nelayan ikan air tawar, rotan dan padi.

Maka dari itu, menurut Ben pembangunan infrastruktur jalan, untuk mendukung akses pemasaran dan angkutan hasil usaha kerakyatan, yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kami, warga Kecamatan Dusun Hilir, sangat senang dengan dilaksanakannya Murenbangdescam ini, yang merupakan ketentuan dalam sistem pemerintahan, guna mendapatkan informasi dan menjadi dasar prioritas pembangunan," tukas Ben.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Barsel, Satya Titiek Atyani Djoedir, yang memimpin rombongan 150 orang dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Barsel. Menyatakan siap merealisasikan semua usulan prioritas warga, dan akan segera memerintahkan semua SOPD di Barsel, untuk melaksanakan realisasi pembangunan sesuai dengan teknis masing - masing.

"Saya sebagai bagian dari pemerintahan Barsel, akan berusaha mewujudkan semua yang diusulkan oleh masyarakat, sesuai dengan program pembangunan yang tertuang dalam RPJMD, selama kami dengan Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri ST, menjabat," janji Aty Djoedir.

Adapun sepuluh usulan prioritas, yang disampaikan dalam Musrenbangdescam Dusun Hilir, yakni Mangkatip (Ruas Jalan Buntok - Palangka Raya), Jalan Mangkatip - Damparan - Teluk Timbau, Jalan dalam ibukota kecamatan, Jalan Mangkatip - Mahajandau - Sungei Jaya, dan jaringan Listrik PLN.

Selanjutnya, penambahan jaringan sarana air bersih, jaringan irigasi, fasilitas perbankan, pelabuhan Puskesmas, serta jaringan telepon seluler.[ali]


TAG