Fasilitasi Pertemuan se- Kabupaten, BPMD Minta Serapan Anggaran Maksimal

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas meminta agar pengelolaan anggaran desa, baik yang berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) maupun dari Dana Desa (DD) dikelola secara profesional, efektif dan efisien, sesuai asas manfaat.

"Supaya realisasi penyerapan anggaran (desa) tepat waktu, pembangunan dapat dilaksanakan, dan bisa dinikmati masyarakat," ungkap Drs Ibak MPd, Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Jumat (9/2/2018).

Hal itu disampaikan Ibak di sela kegiatan pertemuan Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) bersama Kepala Desa se-Kabupaten Kapuas, di aula kantor DPMD Jalan Tambun Bungai Kapuas.

DPMD juga meminta kepada Kades, dalam hal ini pemerintahan desa untuk mengelola keuangan desa berdasarkan peraturan dan ketentuan, baik itu Undang-Undang Desa, Peraturan Menteri maupun Perda dan Perbub.

"Sepanjang mereka (desa) menuruti aturan yang ada, maka akan aman," imbuhnya.

Lanjutnya, nantinya akan dilakukan pembentukan Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) Kabupaten yang diharapkan dapat membantu memfasilitasi aspirasi desa dalam upaya menggali dan memaksimalkan berbagai potensi dan sumber daya untuk kemajuan pembangunan di wilayah pedesaan.

Pertemuan BPKP dengan Kepala Desa se-Kabupaten yang difasilitasi DPMD Kapuas, dimaksud sebagai salah satu bentuk pembinaan BPKP kepada desa, dengan tujuan memperkuat sistem pengendalian internal pengelolaan keuangan desa, di mana BPKP sendiri sebagai lembaga pengawal keuangan desa, bertujuan agar proses keuangan desa lebih akuntabel sesuai amanat undang-undang.[zulkifli]


TAG