Bupati Edy Serahkan Gerobak Dagang ke PKL

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Sebagai upaya pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan perekonomian bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya Pedagang Kaki Lima (PKL) di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Bupati Pulpis, H Edy Pratowo menyerahkan lanngsung bantuan sebanyak enam unit gerobak dagang kepada para PKL, Senin (12/2/2018) di halaman dinas setempat.

Penyerahan bantuan gerobak dagang ini dirangkaikan dengan Peresmian Kios Kapakat Gawi milik Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan UKM) Pulpis.

Adapun enam unit gerobak dagang diserahkan tersebut kepada PKL yang berasal dari kecamatan Kahayan Hilir itu terdiri dari dua unit Gerobak Bakso dan empat unit gerobak dagang gorengan.

Turut hadir dalam acara dalan acara penyerahan ini Wabup Pulpis Pudjirustaty Narang, didampingi Kepala Disperindagkop UKM Pulpis, Wakil Ketua DPRD Pulpis dan jajaran SOPD Dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Pulpis.

Kepala Disperindagkop UKM Pulpis Elieser Jaya mengatakan, bantuan gerobak dagang bagi PKL itu berasal dari anggaran APBD Pulpis tahun 2018 yang dikucurkan lewat Disperindagkop UKM Pulpis.

Hal itu sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) No. 125 tahun 2012 tentang penataan dan pemberdayaan para PKL, sebagai wujud perhatian Pemkab Pulpis dalam melakukan sinergi melalui sinkronisasi, harmonisasi pemberdayaan PKL adalah dengan memberikan bantuan gerobak dagang ini.

"Diharapkan bantuan ini dapat meringankan para PKL dari sisi pemodalan serta dapat membantu meningkatkan kehidupan masyarakat Pulpis secara ekonomi terutama para PKL," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pulpis H Edy Pratowo menyambut baik terobosan Disperindagkop UKM Pulpis. Menurutnya, dalam memberdayakan PKL menjadi bagian penting dalam meningkatkan perekonomian kerakyatan.

"Saya ucapkan selamat bagi para penerima bantuanb ini. Semoga bantuan ini dapat membantu meningkatkan kesejahtraan para pedagang dilingkungan Pulpis," ucapnya.

Dirinya juga berharap agar Disperindagkop UKM ke depannya dapat secara rutin memprogramkan bantunan tersebut. Tidak hanya untuk kecamatan Kahayan Hilir saja, tapi juga untuk kecamatan lainnya.

"Kita harap Disperindagkop UKM terus berkoordinasi agar program ini dapat terus berjalan, sehingga tidak hanya di Kecamatan Kahayan Hilir saja yang mendapatkannya tapi di delapan Kecamatan yang ada di Bumi Handep Hapakat," tutupnya.[manan]


TAG