• Latest News

    Selasa, 13 Februari 2018

    Edy Letakan Batu Pertama Rumah Betang Pulpis

    PULANG PISAU - Didampingi Wakil Bupati dan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD), Bupati Pulang Pisau (Pulpis), Edy Pratowo melangsungkan peletakan batu pertama pada pembangunan rumah betang, Selasa (13/2/2018). Peletakan itu menandai dimulainya pembanguanan rumah adat suku dayak di Bumi Handep Hapakat ini.

    Dalam kegiatan yang berpusat di Jalan Bhayangkara, Kelurahan Bereng Pulpis itu juga dihadiri anggota DPRD Pulpis serta sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemkab Pulpis dan beberapa tokoh Adat Dayak.

    Bupati Edy mengatakan, pembangunan rumah betang itu merupakan bukti keseriusan dirinya menjunjung tinggi adat istiadat lokal yang ada di Pulpis.

    Menurutnya, meskipun masa kepemimpinannya tinggal beberapa waktu lagi, pembangunan rumah betang ini menjadi komitmen untuk membangun kebudayaan yang ada di Pulpis dengan berkelanjutan

    "Pembangunan Rumah Betang ini masuk di visi dan misi kami dulu. Walaupun masuk RPJMD di detik-detik terakhir  kami yakin ini akan terus berlanjut," ucap Edy pada kesempatan itu.

    Ia juga menjelaskan pembangunan Betang itu, selain untuk mengakomodir kegiatan komunitas adat Dayak, juga untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah Pulpis.

    Oleh karena itu, ia berharap pembanguan Rumah Betang tersebut dapat segera terselesaikan sehingga dapat segera dimanfaatkan masyarakat Pulpis.

    "Dengan dukungan para Anggota DPRD, kita sudah menganggarkan untuk pembangunan. Harapan kita pembangunan rumah betang ini segera selesai dan bisa dimanfaatkan masyarakat," katanya.

    Selain rumah betang, lanjut Edy, Pemerintah Kabupaten Pulpis juga telah membangun Balai Kesenian di beberapa kecamatan di wilayah Pulpis.

    Hal itu dilakukan untuk mengakomodir kegiatan komunitas adat Dayak, juga untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah.

    "Filosofi Rumah Betang ini selalu kita junjung. Karena di dalamnya yang berbeda-beda, mereka bisa hidup damai, sejahtera, dan maju," tutupnya.[manan]

    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Edy Letakan Batu Pertama Rumah Betang Pulpis Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top