Ditemukan Penyimpangan, Seorang Kades Dinonaktifkan

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Kepala Desa Palurejo, Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), Barito Selatan, dinonaktifkan selama tiga bulan ke depan, guna menyelesaikan pertanggung jawaban pengelolaan DD dan ADD Tahun 2016.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Camat GBA, Susupimiati, Kamis (1/2/2018), bahwa Kades Palurejo, Garvasiu Vaceli, dinonaktifkan selama tiga bulan ke depan.

Penonaktifan Kades Palurejo tersebut, menurut Susupimiati, merupakan akibat dari adanya temuan penyimpangan terhadap penggunaan Dana Desa (DD) Dan Alokasi Dana Desa (ADD), Tahun anggaran 2016.

"Garvasiu Vaceli kini dinonaktifkan, guna harus mempertanggung jawabkan penggunaan ADD dan DD tahun 2016," ungkapnya.

Dengan dinonaktifkannya Garvasiu sebagai Kades, kini Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri ST, mengangkat Plt Kades Gamasani Galgani.

Plt Kades dilantik, guna tetap berjalannya pelayanan terhadap kepentingan warga masyarakat.

Namun hal tersebut, tidak bisa menyelamatkan desa Palurejo, dari tidak bisa dikucurkannya DD dan ADD tahun 2017 dan 2018. Sebab sebelum memiliki Kades Depenitif dan tidak dibereskannya laporan atas penggunaan ADD dan DD tahun 2016, maka Palurejo terancam tidak mendapatkan kucuran dana DD dan ADD.

Selanjutnya, berdasarkan kepentingan tersebut dan atas usulan yang diajukan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Palurejo, Susupimiati, selaku Camat GBA sudah mengusulkan pengangkatan Pj. Kades oleh Bupati Barsel.

"Hal ini, sangat penting dilakukan, sebab apabila tidak memiliki Kades Depenitif, maka DD dan ADD desa Palurejo tidak akan bisa diproses," pungkas Susup.

Penyimpangan penggunaan ADD dan DD Tahun 2016 di Desa Palurejo tersebut, sudah diperiksa oleh Pihak Kejaksaan Negeri Barsel. Terakhir, Senin (29/1/2018), perangkat Desa, BPD dan Garvasiu sendiri, diperiksa oleh pihak Kejari Barsel.[tampate]


TAG