Bupati Warning SOPD Segera Laksanakan Proses PBJ

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Bupati Barito Selatan, H Eddy Raya Samsuri ST, memperingatkan seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemkab Barsel, agar mempercepat pelaksanakan proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di instansi masing - masing, demi memaksimalkan pencapaian penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018.

Hingga akhir bulan Februari 2018, proyek pembangunan di Barsel baru sebelas yang terlaksana lelangnya, itupun hanya satu instansi yang sudah melaksanakan, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Hal inilah, yang membuat Bupati H Eddy Raya Samsuri ST, khawatir target serapan APBD Tahun 2018 sebesar 30 persen, hingga triwulan pertama tidak tercapai.

Kekhawatiran ini, disampaikan Eddy di dalam sambutannya pada acara Kick Off penanda tanganan secara bersama kontrak proyek pembangunan  DPUPR, Selasa (27/2/2018).

Bertempat di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Jaro Pirarahan Buntok, Bupati mengatakan bahwa keterlambatan pelelangan disetiap SOPD, sangat riskan membuat penyerapan anggaran menjadi terlambat dan tidak sesuai dengan yang ditargetkan, yakni 30 persen di triwulan pertama tahun.

Untuk itu, Eddy menegaskan kepada Seluruh SOPD di lingkungan Pemkab Barsel, untuk segera mempercepat proses PBJ di masing - masing instasi, sebelum berakhirnya bulan Maret 2018.

"Ini merupakan warning, bagi semua SOPD yang ada di Barsel, agar segera melaksanakan proses PBJ dan mencapai serapan anggaran sesuai target," peringatkan Eddy.

Hal ini, juga disampaikan oleh Eddy, di sela kegiatan. Kepada awak media, ia menegaskan bahwa apa yang ia sampaikan, bukan sekedar imbauan namun merupakan bentuk keseriusan Pemkab dalam mencapai pembangunan yang maksimal dan tepat sasaran di Barsel. Karena menurut Eddy, bukan tidak mungkin bagi setiap SOPD, yang dianggap lemah dan lambat dalam melaksanakan proses PBJ yang sesuai target, akan dievaluasi kembali sesuai dengan kinerja.

"Kami (Pemkab) akan terus melakukan evaluasi, terhadap semua SOPD, semua pejabatnya akan mendapatkan nilai sesuai dengan kinerja masing - masing instansi," tegasnya.

Dalam pelaksanaan penanda tanganan kontrak proyek, yang dilakukan secara bersamaan untuk pertama kalinya dalam sejarah Kabupaten Barsel tersebut, dan dihadiri langsung oleh Kepala Biro PBJ Provinsi Kalimantan Tengah, seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Barsel, TP4D Kejari Barsel, seluruh Asosiasi Pengusaha yang ada di Barsel dan SOPD di lingkungan Pemkab Barsel.[tampetu]


TAG