• Latest News

    Jumat, 02 Februari 2018

    BLH Dorong Masyarakat Bentuk Bank Sampah


    PALANGKA RAYA - Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) mendorong masyarakat agar lebih aktif terlibat dalam membentuk dan menggerakan bank sampah.

    Hal itu bukan tanpa sebab, pasalnya sampai saat ini kesadaran masyarakat untuk menggerakan maupun memanfaatkan bank sampah masih kurang, ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Rawang  kepada wartawan, Jumat (2/2/2018).

    Dikatakannya, sebenarnya upaya mendorong masyarakat disetiap lingkungan kecamatan, kelurahan hingga lingkungan RT/RW sejak lama sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya.

    Membentuk, menggerakan ataupun memanfaatkan bank sampah, sebenarnya dimulai dari keluarga. Memulai dari memilah sampah yang masih bernilai ekonomis (organik) dan sampah yang yang sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi (non organik).

    Menurut Rawang, pentingnya keberadaan  Bank Sampah  setiap kelurahan atau lingkungan merupakan cara jitu untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat memanfaatkan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah. Ironisnya, hal tersebut tidak bisa ditangkap seluas-luasnya oleh masyarakat.

    Ke depan, tambah Rawang, diharapkan ada kepekanan masyarakat, setidaknya dimulai dari lingkungan RT/RW yang mulai menggagas untuk membentuk bank sampah dengan manajemen yang sederhana dengan merangkul para pengumpul  yang bergerak membeli hasil pemilahan sampah organik.

    Sejatinya bank sampah dapat menjadi solusi. "Selain lingkungan akan bersih dan nyaman, masyarakat pun akan menjadi  terbiasa untuk berdisiplin dalam mengelola sampah. Apalagi bisa mendapatkan tambahan pemasukan dari sampah-sampah yang mereka kumpulkan," tuturnya.[edwan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BLH Dorong Masyarakat Bentuk Bank Sampah Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top