Bersama Ketua TP PKK, Bupati Ben Resmikan Pasar Desa Lunuk Ramba

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat SH meresmikan Pasar Basarang KM 4 Desa Lunuk Ramba Kecamatan Basarang.

Kedatangan mereka juga sekaligus meresmikan empat gedung PAUD yaitu PAUD PGRI A di Desa Lunuk Ramba, PAUD Asri di Desa Pangkalan Rekan, PAUD Kaca Piring di Desa Basungkai dan PAUD Fajar Islam 1 di Desa Bungai Jaya.

Peresmian tersebut secara keseluruhan dipusatkan di Desa Lunuk Ramba, Kecamatan Basarang, Selasa (13/2/2018) siang, dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan S.Hut, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SOPD lingkup Pemkab Kapuas, Sekretaris TP PKK Kabupaten beserta jajaran, Camat Basarang beserta Ketua TP PKK Kecamatan dan jajaran, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para undangan.

Bupati Kapuas dalam sambutannya mengatakan, terkait Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pada tahun 2013 pada saat Bunda PAUD Kabupaten Kapuas mengikuti rapat kerja di Provinsi, Kabupaten Kapuas hanyak memperoleh nilai 24 persen dalam pembangunan PAUD.

Ia mengungkapkan, dengan bergerak cepat dan kerja sama semua pihak, karena memikirkan anak-anak yang harus sekolah atau mengecam pendidikan, maka pada tahun 2015 PAUD di wilayah Kabupaten Kapuas mencapai 100 persen dan sampai tahun ini lebih dari 100 persen yang mana satu desa dapat mendirikan tiga PAUD.

Mengenai pembangunan Pasar Desa Lunuk Ramba, Basarang, Ben meminta dinas PU untuk memperhatikan jalan yang berada di kawasan pasar untuk diperbaiki dan diaspal, serta halaman gedung PAUD supaya dilakukan semenisasi supaya anak-anak nyaman dalam belajar dan bermain.

“Saya meminta agar kawasan pasar jangan sampai gersang, perlu ditanami pohon yang rindang dan berguna. Saya pun berharap ke depannya pasar ini dapat dibangun pusat sentra industri yang menjual berbagai macam olahan lokal,” tuturnya.

Ben menekankan, tujuannya adalah bukan masalah harga tetapi ada rasa bangga apabila bisa menarik orang dan membuat orang terkenang terus dengan Basarang dan Kabupaten Kapuas.

Dalam menghadapi Pilkada 2018, ia meminta kepada semua pihak untuk menjaga kebersamaan, mengikat tali silahturahim dan persaudaraan yang selama ini sudah terjalin dengan erat.

Sementara itu, Ary Egahni dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada para Kepala Desa di wilayah Kecamatan Basarang yang sudah memperhatikan dan menganggarkan dana desanya untuk menyiapkan dan memfasilitasi sarana dan prasarana bagi gedung PAUD di desa masing-masing.

 “Saya yakin dan percaya seluruh Bunda PAUD desa di Kecamatan Basarang tentu sudah dapat melaksanakan fungsinya dengan baik sebagai Bunda PAUD desa dan sebagai pengelola PAUD, dengan harapan anak-anak usia 0 sampai 6 tahun dapat diberikan stimulan dalam mengenal pendidikan,” terangnya.

Menurut laporan Camat Basarang Aswan pembangunan Pasar Desa Lunuk Ramba memiliki sarana/prasarana yaitu dua buah kios, pasar ikan 1 blok, pasar umum 1 blok, kios tertutup/rolling door 2 ruangan, ruang pengelola 1 buah, pintu gerbang 1 buah, toilet 3 pintu.

Rencana kegiatan tahun 2018 yaitu pengembangan sentra industry di Basarang (Showroom hasil olahan dan rest area di eks pabrik pupuk). Untuk PAUD, Kecamatan Basarang memiliki jumlah PAUD secara keseluruhan 28 buah. Tahun 2017 dibangun PAUD dari dana desa sebanyak 7 buah.[angga]


TAG