Apdesi jadi Wadah Koordinasi Pemdes dan Pemkab

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), terutama wilayah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) diminta menjadi forum wadah berbagi informasi bagi pemerintah desa (Pemdes) terkait berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah serta berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau, Syaripul Pasaribu kepada KabarKalteng, Senin (19/2/2018).

Syaripul mengatakan, Apdesi Kabupaten Pulang Pisau sebelumnya telah resmi dilantik oleh Ketua DPD Apdesi Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Kepengurusan Apdesi terdiri dari 32 orang Kepala Desa se-Kabupaten Pulang Pisau, di mana Ketua Apdesi Kabupaten Pulang Pisau dipercayakan kepada Kepala Desa Gohong, yakni Yanto L Adam," ucapnya.

Menurut Syaripul, di Bumi Handep Hapakat masing-masing desa yang ada di delapan kecamatan telah seluruhnya membentuk Apdesi. Dengan adanya Apdesi diharapkan segala bentuk tugas dan pelaksanaan pembangunan desa dapat lebih maksimal.

"Apdesi sendiri dapat menjadi wadah atau bahkan forum bagi kepala desa untuk menghimpun segala bentuk aspirasi dan tempat berbagi informasi," katanya.

Syaripul juga berpesan jika ada kebijakan dari Pemkab yang dirasa kurang tepat dan perlu perbaikan, melalui Apdesi inilah pemerintah desa bisa menyampaikan kepada pemerintah melalui SOPD terkait, sehingga lebih mempermudah komunikasi antar pemerintah desa dan kabupaten.[manan]


TAG