Alat Berat Uzur, DPUPR Rencanakan Revitalisasi

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Menyikapi kondisi aset alat berat yang kini sudah memprihatinkan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Barito Selatan, merencanakan segera melakukan revitalisasi (peremajaan).

Dihubungi KabarKalteng, via telepon, Jumat (16/2/2018), Kepala DPUPR Barsel, Agus In'yulius ST MT, mengatakan bahwa pihaknya memang dalam waktu dekat ini, akan segera melakukan revitalisasi aset alat berat dimaksud.

Sebabnya, menurut Agus, aset alat berat yang dimiliki oleh DPUPR Barsel, saat ini banyak yang sudah berumur tua, sehingga harus dilakukan perbaikan bahkan peremajaan agar bisa digunakan.

"Rencananya memang dalam tahun 2018 ini, DPUPR akan melakukan revitalisasi alat berat yang ada, agar layak digunakan," ungkapnya.

Selain melakukan revitalisasi, DPUPR juga merencanakan akan mengadakan dua unit alat berat baru.

"Tahun ini, kalau tidak ada kendala, kami (DPUPR) akan mengadakan Excavator dan Vibration Roller baru, untuk melengkapi alat berat yang sudah ada," terang Agus.

Ketersediaan alat berat baru, menurut Kadis PUPR yang baru satu bulan menjabat tersebut, sangat dibutuhkan oleh DPUPR Barsel. Karena selain untuk disewakan sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga diperlukan untuk digunakan sebagai alternative cepat, melakukan perbaikan infrastruktur jalan yang rusak dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, tanpa harus menunggu proyek.

"Kalau punya alat berat yang baru dan layak pakai, kan bisa dengan mudah apabila memang dibutuhkan segera untuk melakukan perbaikan infrastruktur yang dibutuhkan warga, bisa segera kita tangani tanpa harus menunggu proyek turun dahulu," tukas Agus.

Bahkan, dilanjutkan oleh Agus, rencana pengadaan satu set alat berat baru, sudah masuk program DPUPR di tahun 2019 mendatang. Namun hal tersebut, bisa terwujud tergantung dukungan dari seluruh stakeholder terkait dalam hal persetujuannya, termasuk pihak DPRD Barsel.

"Di tahun 2019, pegadaan satu set lengkap alat berat, sudah masuk rencana DPUPR Barsel. Mudah - mudahan dapat terwujud, tergantung persetujuan dari semua stakeholder terkait, termasuk DPRD Barsel," harapnya.[tampetu]


TAG