95 Desa dan SOPD Teken MoU Pendampingan TP4D

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Setelah melalui proses sosialisasi yang cukup panjang, dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Tim Pengawalan, Pengamanan, Pembangunan dan Pemerintah Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Pulang Pisau akhirnya melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman  (MoU) bersama antara Bupati Pulang Pisau dengan Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, Kepala Perangkat Daerah, dan 95 Kepala Desa se-Kabupaten Pulang Pisau dengan pihak TP4D Kejaksaan Pulpis.

Tujuan dari penandatanganan MoU pendampingan tersebut, adalah untuk menuju tata kelola pemerintahan yang baik, tranfaran, bersih dan akuntabel.

"Alhamdulillah, penandatanganan nota kesepahaman bersama ini dapat kita laksanakan. Ini merupakan akhir dari rangkaian kunjungan kegiatan Road Show sosialisasi TP4D di 8 kecamatan dan 7 Desa di Kabupaten Pulang Pisau," kata Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, H. Maryadi Idham Khalid, Senin (12/2/2018) di Aula Bappedalitbang Pulpis.

Dikatakan Maryadi, selama melaksanakan sosiasisasi TP4D, pihaknya banyak sekali mendapat masukan dan kehuhan dari pemerintah desa, terkait penggelolaan dan pelaksanaan pembangunan yang anggarannya bersumber dari dana desa (DD).

Persoalan-persoalan yang sering kali terjadi, kata Maryadi, karena kurangnya pemahaman dalam penggelolaan dan pemanfaatan dana desa. Oleh karena itu, diharapkan setelah dilaksanakan MoU pendampingan ini, dapat mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, tranfaran, bersih dan akuntabel.

"Kita harapkan penandatanganan MoU ini bisa menjawab keragu-raguan pemerintah desa, sehingga bisa mendorong kinerja aparatur pemerintah desa semakin baik dan transfaran," ucapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), H Edy Pratowo sangat mengapresiasi kinerja TP4D Kejaksaan Negeri Pulpis dalam upaya melakukan pencegahan tidak pidana korupsi di lingkungan pemerintah desa.

"Yang dilakukan TP4D Kejaksaan ini tentunya sangat tepat. Sudah lama saya mencari gebrakan model ini. Dan saya bersyukur, ternyata TP4D sudah melaksanakannya hingga sampai pada penandatangan MoU bersama," tuturnya.

Menurut orang nomor satu di Pulpis ini, Pemkab terus berupaya untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, bersih dan akuntabel.

Oleh karenanya, lanjut Edy, upaya TP4D melakukan road show sosialisasi di seluruh Kecamatan di Kabupaten ini ditindaklanjuti dengan penandatanganan MOU bersama antara TP4D dengan SOPD dan seluruh Kepala Desa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Sehingga potensi terjadinya tindak pidana korupsi dapat terdeteksi dan dapat dicegah sejak dini.

"Kita bersyukur, MOU pendampingan TP4D sudah dapat kita laksanakan, dengan ini kita harapkan kedepannya dapat lebih meningkatkan lagi kinerja agar tata kelola pemerintahan semakin lebih membaik dan transparan tentunya," tandasnya.[manan]


TAG