626 Peserta Ikuti MTQ ke 43 Tingkat Kabupaten Kapuas

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 43 tingkat Kabupaten Kapuas yang dilaksanakan di Palingkau Kecamatan Kapuas Murung tahun 2018 diikuti 626 peserta dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas, dengan lokasi panggung utama berada dibelakang Kantor Kecamatan Kapuas Murung, Jumat (9/2/2018) malam.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat serta Wakil Bupati Kapuas H Muhajirin MP dan di hadiri pula Ketua DPRD,  Kajari,  Kapolres,  Kepala Pengadilan Agama,  Sekda, Kepala Kemenag, Ketua PHBI Kabupaten Kapuas beserta tokoh agama dan tokoh masyarakat.  

Selain membuka MTQ tingkat Kabupaten Kapuas yang ditandai dengan penekanan tombol, Bupati Kapuas juga melantik langsung 78 Dewan Hakim pada kesempatan itu, untuk ikut terlibat pada pelaksanaan MTQ yang berlangsung sejak 8 sampai dengan 14 Februari 2018.

Plt Camat Kapuas Murung Dewi Priyatni yang juga selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa adapun cabang lomba yang akan dilaksanakan pada MTQ tingkat Kabupaten Kapuas antara lain Tilawah, Tahfiz, Khat Qur’an, Sarhil Qur’an dan Fahmil Qur’an. Ucapan selamat datang juga ia sampaikan secara langsung kepada Bupati Kapuas beserta rombongan yang hadir pada kesempatan itu.

Ketua umum LPTQ Kabupaten Kapuas Hidayatullah, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kapuas yang selalu mendukung LPTQ di Kabupaten Kapuas seperti melakukan bimbingan untuk LPTQ Kabupaten Kapuas.

Ia juga mengajak untuk bersama-sama berkerja keras agar nanti dapat menbawa nama harum Kabupaten Kapuas pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang nanti akan dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau. 

Sementara itu diterangkan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas H. Ahmad Bahruni, bahwa penyelengaraan MTQ tidak dapat dipisahkan dari kecintaan umat Islam kepada Al-Qur’an. 

“Melalui kegiatan semacam ini para peserta akan memperoleh kemampuan untuk memahami dan mengerti tentang Al-Qur’an,” ucapnya.

Ucapan selamat dan sukses disampaikan oleh Bupati Kapuas pada kesempatan itu secara langsung, atas pelaksanaan MTQ ke 43 tingkat Kabupaten Kapuas di Kecamatan Kapuas Murung, sebagai ajang preatasi dan juga sebagai panggung relegi bagi para kafilah dari 17 kecamatan. 

Apresiasi juga diberikannya pada kesempatan itu kepada semua pihak yang sudah ikut serta mensukseskan MTQ Tingkat Kabupaten Kapuas itu.

“Dari kerjasama yang baik dan kebersamaan sehingga penyelenggaraan MTQ ke 43 Tingkat Kabupaten Kapuas yang dilaksanakan di Palingkau Kecamatan Kapuas Murung ini dapat terlaksana dengan baik,” ucap Ben.

Pimpinan Daerah yang dikenal ramah dengan masyarakat itu juga menerangkan bahwa MTQ bukan sekedar lomba akan tetapi makna dari MTQ agar umat Islam semakin memaknai Al-Qur’an untuk memperdalam iman dan taqwa, serta sebagai sarana membagun generasi Islam. 

Ia juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga ikatan tali silaturahim, tali persaudaraan yang luar biasa selama ini dan meminta agar dapat bersama-sama melangkah bergandengan tangan dan menyatukan pikiran agar bagaimana Kabupaten Kapuas dapat lebih maju dan masyarakatnya rukun damai serta sejahtera. 

Masih dalam kesempatan yang sama Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas juga menerima langsung piala bergilir yang diserahkan Camat Tamban Catur, yang kemudian diserahkan Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas kepada Bupati Kapuas dan diserahkan kembali oleh Bupati Kapuas kepada Ketua Panitia untuk disimpan.

Nantinya diserahkan kembali kepada juara umum pada MTQ ke 43 Tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2018 yang dilaksanakan di Kecamatan Kapuas Murung. Uang Pembinaan LPTQ untuk setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas juga diserahkan oleh Bupati Kapuas pada malam itu.[angga]


TAG