Warga Komplek Pasar Patanak Minta Bangunan Pasar Sayur Direnovasi

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Warga komplek Pasar Patanak Kecamatan Kahayan Hilir (Kahlir), Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) meminta kepada Pemkab Pulpis untuk segera merenovasi bangunan pasar yang tampak mengalami kerusakan.

Seperti halnya yang disampaikan oleh Mansyah, salah satu warga komplek Pasar Patanak. Dirinya mengatakan, bangunan pasar tersebut saat ini dianggap sudah kurang layak lagi untuk digunakan. Apalagi sejumlah konstruksi bangunan banyak yang sudah lapuk akibat termakan usia.

"Kalau bangunan ini kami perkirakan kurang lebih 5 tahunan lebih sudah ditempati untuk pegadang sayur-mayur, tapi sampai saat ini masih belum pernah terenovasi atau rehab. Kami meminta agar bangunan pasar sayur ini dapat direhab, agar pedagang dan pembeli merasa nyaman apabila kondisi pasarnya bagus," ujar Mansyah kepada KabarKalteng, Jumat (5/1/2018) di kediamannya yang tepat di samping bangunan pasar sayur.

Hal senada juga dikatakan Titin warga yang juga dekat dengan bangunan pasar sayur itu. Menurutnya, bangunan ini konstruksi bangunannya banyak yang sudah hancur dan dikhawatirkan bila dibiarkan berlarut-larut akan tambah hancur dan tentunya bisa membuat pedagang dan para pembeli resah.

Selain itu juga dikatakan Titin, disamping bangunan pasar itu banyak menumpuk sampah, baik itu sampah kering maupun sampah basah yang dari tumpukan sampah itu sering keluar bau tidak sedap atau aroma busuk.

"Bagaimana tidak menumpuk, kalau tempat sampahnya saja tidak ada. Seharusnya paling tidak pemerintah setempat menyiapkan TPA, jadi bila warga ingin buang sampah ada tempatnya," ucap Titin.

Sementara itu, Kadis Disperingkop dan UMKM Pulpis, Elieser Jaya mengatakan, untuk pembangunan pasar pada tahun 2018 tidak diprioritaskan, namun untuk yang sifatnya mendesak akan dipertimbangkan.

"Kalau untuk anggaran pada tahun 2018 ini kita memang tidak memprioritaskan untuk pembangunan pasar. Tapi bila ada yang sifatnya mendesak maka akan kita pertimbangkan lagi. Nanti kita juga akan mengkroscek lokasi-lokasi bangunan pasar yang memang membutuhkan renovasi," tuturnya.[manan]


TAG