Wabup Resmikan Sanggar Seni di Mantaren I, Ini Harapannya!

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Gedung Sanggar Seni di Desa Mantaren I, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Selasa (30/1/2018), diresmikan oleh Wakil Bupati Pulpis, Pudjirustaty Narang. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita.

‌Hadir pada acara peresmian ini sejumlah anggota Dewan Pulpis, Kepala SOPD terkait, organisasi kepemudaan, sejumlah kades, tokoh agama, tokoh adat, damang, mantir, dan para tamu undangan lainnya yang hadir pada kesempatan itu.

Dalam sambutannya, Kepala desa setempat, Surya Dharma menyampaikan perjuangan pembangunan gedung sanggar ini sangat memerlukan kerjasama dan tenaga ekstra antara aparatur desa dan masyarakat setempat.  Bagaimana tidak? Bangunan gedung sanggar yang dibangun secara bertahap selama tiga kali dari tahun 2015 sampai 2017 tahun kemarin baru selesai. Dari itu, selain dana anggaran. Pikiran dan tenaga juga sangat berperan pada penyelesaikan bangunan tersebut.

Tak hanya sebatas bangunan. Namun di sini tidak terlalu membicarakan terkait teknis pembangunannnya akan tetapi lebih memprioritaskan sebagai fasilitas desa untuk masyarakat dalam menuangkan bakat warga dalam berkesenian. Selain sebagai gedung seni, bangunan ini juga sekaligus merupakan tempat perpustakaan desa.

“Alhamdulillah, gedung kebanggaan kita ini sudah selesai dibangun dengan menggunakan Dana Desa (DD) menghabiskan dana setengah miliar lebih dengan melalui tiga tahap. Kita tentunya sangat berharap dengan dibangunnya sarana ini semoga warga desa bisa lebih pro aktif dalam berkesenian dan menambah minat membaca bagi warga desa setempat," jelasnya.

"Mengingat masa jabatan saya sudah mau berakhir, apa yang sudah kita lakukan ke depannya akan membawa kebaikan untuk desa. Dan Siapapun nanti yang akan menjadi kepala desa selanjutnya yang pastinya dapat terus memajukan desa mantaren I ini," imbuh Surya mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Pulpis, H Edy Pratowo yang dibacakan Wakil Bupati, Pudjirustaty Narang secara singkat menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi dengan terbangunnya gedung seni yang sekaligus sebagai gedung perpustakaan ini. Tentunya sangat berharap pihak desa dapat mendidik warga desanya untuk mendapat ilmu lebih.

"Kita harapkan di Kabupaten Pulpis ini untuk berkompetisi membangun perpustakaan desa untuk sama-sama memajukan kabupaten yang kita cintai ini," ujar Wabup pada kesempatan itu.

Sedikit ditambahkan Wabup, melihat gedung bertingkat ini, dirinya yakin ke depannya Desa Mantaren I dapat mencetak Sumber Dana Manusia (SDM) yang lebih cerdas dan andal dan kreatif.

"Kiranya gedung ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, agar minat seni dan baca di desa ini makin meningkat," tutupnya.

Selain acara peresmian gedung sanggar seni Desa Mantaren I, pada kesempatan itu juga digelar sosialisasi seni budaya tradisional oleh terkait dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulpis.[manan]


TAG