Tingkatkan Wasasan Profesi Kebidanan, IBI Kapuas Gelar Pertemuan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Kapuas menggelar pertemuan yang dihadiri pengurus dan seluruh bidan se-kabupaten.

"Pertemuan rutin IBI, di awal 2018 ini. (juga) ada seminar ilmiah yang berhubungan dengan penyakit menular pada anak yang diakibatkan oleh vaksinasi dan imunisasi," ungkap Danung Sri Wulandari MPh, Ketua IBI Cabang Kapuas, Rabu (24/1/2018).

Menurutnya, pertemuan yang digelar di aula Bappeda Kapuas itu juga membahas internalisasi dan komitmen organisasi, dengan melengkapi aspek legal dari pada pemberi pelayanan kebidanan.

Di samping seminar ilmiah, dalam pertemuan kali ini juga diberikan materi-materi tentang wawasan profesi kebidanan dengan menghadirkan nara sumber dokter spesialis anak rumah sakit, dan bidan dari Dinkes setempat.

Dikatakannya, di IBI Cabang Kapuas, saat ini beranggotakan 478 orang bidan yang sudah terdaftar, baik yang berstatus non PNS maupun PNS, dan itu tersebar pada 17 wilayah kecamatan. Jadi untuk tenaga profesi bidan sudah tercover, dan secara signifikan tidak ada masalah.

Yang perlu diketahui, lanjutnya, pertolongan persalinan harus di tempat fasilitas kesehatan. Jadi diharapkan masyarakat mengetahui, juga memiliki kesadaran dari tentang itu.

Ke depannya IBI Kapuas mengharapkan adanya peningkatan pelatihan-pelatihan, terutama yang bersifat klinis, dan itu tentunya perlu dukungan dari pihak terkait maupun Pemerintan Daerah setempat.

"(ketersediaan) sarana dan prasarana, khususnya alat pelindung diri, selain itu juga, adanya peningkatan kesejahteraan," pungkas Sri.[zulkifli]
TAG