Tahun ini Pemkab Pulpis Janji Bantu Alat Kesenian

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau (Pulpis) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulpis, tahun ini akan memberikan bantuan berupa alat kesenian untuk sanggar seni di Desa Mantaren I.

"Tahun ini kami berjanji akan memberikan bantuan berupa alat kesenian untuk Desa Mantaren I ini," ucap Kepala Disbudpar Pulpis, Damek Panahan, kepada KabarKalteng, Selasa (30/1/2017) di sela kegiatan peresmian Gedung Sanggar Seni Desa Mantaren I.

Dikatakannya, untuk bantuan alat seni ini, pihaknya belum memastikan bentuk dan jenis alatnya. Namun yang pasti di tahun 2018 ini pihaknya akan membantu alat kesenian yang sesuai dengan keberadaan suku di Desa Mantaren I tersebut.

"Diperkirakan pada triwulan keempat kita baru bisa memberikan bantuan alat kesenian ini. Dan untuk jenisnya, kita juga belum tahu yang pastinya alatkesenian. Karena ada suku Dayak dan Jawa di desa ini, maka kemungkinan alat kesenian yang kita bantu menyesuaikan nantinya," ungkapnya.

Damek berharap Desa Mantaren I ke depannya menjadi desa yang dapat memberikan contoh pada desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Pulpis. Ini untuk mengangkat nilai budaya dari segi kesenian. Dari itu, diharapkan juga desa tersebut dapat meningkatkan SDM yang andal dan berprestasi di segala bidang, khususnya di bidang kesenian.

"Kita juga selain membantu alat kesenian juga nantinya akan kita berikan juga semacam pembinaan. Dan kami yakin desa ini kedepannya akan lebih baik dan maju lagi," katanya.[manan]


TAG