Sikapi Pelanggaran Pilkada, Panwas Gelar Penandatanganan MoU Centra Gakkumdu

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Menyikapi kemungkinan laporan tindak pidana pelaksanaan Pilkada Pulpis 2018, Panwas Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), bersama Polres Pulpis dan Kejaksaan Negeri Pulpis menggelar penandatanganan MoU Centra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Kantor Panwaslukab, Jumat (5/1/2018).

Hadir pada acara penandatangan, Ketua KPU Pulpis, pihak Kesbangpolimas, Pabung 1011/klk, dan pihak terkait lainnya.

Dalam sambutannya Ketua Panwaslukab Pulpis, Ubeng Itun menyampaikan, kegiatan ini berlangsung dalam rangka kesepakatan bersama dalam menyikapi laporan-laporan atau temuan terkait kecurangan Pemilu.

"Kita hari ini sudah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan pihak Polres dan Kejaksaan Pulpis, agar semuanya sinkron," ujar Ubeng Itun

"Untuk laporan tidak bisa diregister apabila ketiga pihak belum sinkron atau laporan tadi belum lengkap," jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Pulpis menyampaikan, penandatangan MoU ini untuk menyikapi pelanggaran-pelanggaran yang terdapat dalam pelaksanaan Pemilu, baik itu laporan yang masuk pidana, pelanggaran umum ataupun pelanggaran administrasi serta pelanggaran kode etik.

"Kita harapkan di Pulpis tidak ada kejadian yang dapat merusak pesta demokrasi lima tahunan itu. Dari itu kita perlu kerjasama yang baik berbagai pihak," ujar Kapolres.

Sementara itu, Kajari, H Mariadi Idham Khalid menyampaikan, pihaknya meminta agar kiranya semua yang terkait dapat mempelajari betul-betul peraturan bersama ini. Karena hal ini sudah diatur secara teknis. Bagaimana bisa melakukan, apabila ada laporan yang terkait laporan dalam tindak pidana pemilu.

"Tidak semua laporan harus kita tindak, perlu juga melihat asas kemanfaatannya. Tetapi untuk laporan tetap kita terima. Karena, siapapun nanti yang terpilih kita semua yang nantinya yang akan menikmatinya," tuturnya.

"Asas kemanfaatan, sekiranya itu tidak membawa kemanfaatan jadi harus objektif kita dalam menyikapi setiap laporan kecurangan dalam Pemilu," pungkasnya.[manan]


TAG