Satpam Sangat Berperan Ciptakan Keamanan dan Ketertiban Dunia Usaha

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Satuan Pengamanan (Satpam) memiliki posisi strategis dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di Lingkungan Usaha Kerja. Hal itu salah satu poin yang disampaikan dalam amanat Kapolri, Tito Karnavian pada HUT Satpam ke-37.

Perayaan HUT Satpam ke-37 di Pulpis itu berlangsung di Aula Setda Kabupaten Pulpis, Selasa (2/1/2018). Perayaan ini memgambil tema; Melalui peningkatan kompetensi satpam, kita wujudkan profesionalisme satpam dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja.

Bupati Pulpis, H Edy Pratowo dalam menyampaikan amanat Kapolri mengatakan, anggota satuan pengamanan (Satpam) memiliki posisi strategis sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di negara.

Oleh karenanya penyiapan kemampuan profesional anggota Satpam hendaknya mendapatkan atensi dan prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan bersama Polri.

Kapolri telah menetapkan kebijakan prioritasnya sebagai salah satu dari sebelas program prioritas yaitu membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas.

Prioritas penyiapan anggota Satpam yang profesional dan memiliki keunggulan bersaing dengan security profesional asing, semakin mendesak untuk direalisasikan khususnya pada 12 spesialis industrial security guna mengantasipasi inovasi “security profesional” asing sebagai konsekuensi dari adanya 12 sektor prioritas MEA 2015 yang disebut sebagai arus bebas tenaga kerja terampil.

"Jangan sampai posisi jabatan security pada industri strategis dan objek vital nasional diduduki oleh orang asing. Posisi security dalam organisasi hendaknya dipegang oleh anggota satuan pengamanan yang memenuhi regulasi yang mengaturnya," ujar bupati Edy pada amanat Kapolri.

Pada HUT Satpam ke-37 ini, arahan diberikan kepada semua anggota satpam di seluruh pelosok nusantara sebagai berikut;  Pelihara dan mantapkan komitmen moral sebagai salah satu pengemban fungsi kepolisian, yang memegang teguh kode etik dan kehormatan anggota satpam, Bersikap tegas dan cermat dalam menjaga keamanan serta menegakkan ketertiban dilingkungan kerja.

Kemudian; Selalu waspada dan mampu mendeteksi adanya potensi gangguan terhadap proses bisnis organisasi di tahun politik mendatang,  Tingktkan komunikasi, koordinasi dan kemitraan dengan polri dan instansi terkait di lapangan, serta Berinisiatif untuk pengembangam kemampuan teknik dan taktik baik kepolisian terbatas maupun industrial security.

Ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh komunitas anggota satuan pengamanan, pimpinan badan usaha jasa pengamanan, asosiasi bidang pengamanan serta seluruh stakeholer, atas dedikasi dan kerjasamanya dalam menumbuhkembangkan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa menjadi satu standar sistem manajemen pengamanan di Indonesia yang diakui oleh masyarakat.

"Saya mengajak untuk serius berperan dalam membina profesi satpam. Selain itu saya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan peringatan ulang tahun satuan pengamanan ini semoga apa yang saudara lakukan mendapat balasan dari Tuhan yang maha pemurah," kata Edy. [manan]


TAG