• Latest News

    Rabu, 17 Januari 2018

    Resahkan Warga, Satlantas Polres Pulpis Tindak Tegas Aksi Balap Liar


    PULANG PISAU - Aksi balapan liar (bali) yang acap kali meresahkan pengguna jalan di seputaran ruas jalan kota Pulang Pisau (Pulpis), kini tampak menjadi-jadi. Bagaimana tidak, setiap malam ada saja sekelompok pengendara yang didominasi anak mudamasih berusia belasan tahun dan tergolong anak di bawah umur, merasa gagahnya dengan menaiki kendaraan roda duanya dengan kencang dan ugal-ugalan.

    Dari informasi yang berhasil dihimpun KabarKalteng di lapangan, bali dilakukan di seputaran Jalan Panunjung Tarung atau tepatnya di depan Taman Kota. Selain itu juga ada beberapa ruas jalan tempat mereka melakukan bali, seperti di Jalan Tingang Menteng tepatnya di depan Taman Laut (TL) serta di ruas Jalan Darun Bawan.

    Salah satu pemuda Pulpis yang sempat menonton aksi bali, Anto mengatakan, dirinya sempat menyaksikan aksi bali yang dilakukan oleh sejumlah pengendara motor di ruas Jalan Darun Bawan depan Taman Kota.

    “Ramai sekali tadi mas, mereka balapan di sini. Kalau menurut saya kurang lebih 10 pengendara dan kelihatan cukup ngeri mas melihatnya," ujarnya saat dibincangi KabarKalteng, Rabu malam (17/1/2018) di lokasi Taman Kota.

    Diungkapkannya, untuk para pembalap tersebut memang didominasi masih anak di bawah umur, bahkan ada yang sekitar umur 12- 13 tahun ke atas. "Setahu saya palingan pelaku bali ini masih duduk dibangku SMP sama SMA mas," tuturnya.

    Selain itu, warga yang tinggal di sekitar seputaran Jalan Darun Bawan, Adit juga mengatakan, warga yang saat itu pulang dari pasar merasa was-was dengan adanya bali tersebut.

    "Biasanya aksi mereka itu pada malam Kamis dan malam Minggu. Oleh malam Kamis kan pasar rutin, mungkin mereka mau dilihat oleh warga dengan aksi konyolnya itu," ucap Adit dengan sedikit nada kesal.

    Ditanya apakah ada yang pernah terjatuh, Adit mengungkapkan pernah ada yang terjatuh. Namun tampaknya hal itu tak membuat mereka jera.

    “Padahal sudah sering juga ada yang jatuh mas, bahkan dulu pernah ada korban jiwa akibat bali, tapi tetap saja laju-laju," terangnya.

    Bahkan, tambahnya balapan liar tersebut tidak hanya membuat resah para pengguna jalan lain, namun juga warga yang tinggal di sekitar jalan yang dilalui oleh para pembalap liar tersebut membuat mereka terganggu. "Suara motor mereka cukup keras, jadi banyak yang terganggu,“ katanya.

    Selain itu, dirinya juga mengaku sangat prihatin kalau anak yang masih di bawah umur itu sudah berani menjalankan motor dan balapan liar, apa mereka tidak takut jatuh atau kecelakan yang nantinya akan merugikan diri dan keluarganya. "Kalau kecelakaan atau jatuh dan sampai meninggal, apa tidak kasihan," cecarnya.

    Sementara itu, pada balapan liar yang terjadi sekitar pukuk 22.30 WIB tadi dibubarkan oleh pihak Satlantas Polres  Pulpis atas laporan masyarakat.

    "Nantinya akan kami tindak tegas bagi pelaku bali yang sudah meresahkan pengguna jalan dan warga sekitar itu. Dan akan kami pantau dan perketat lagi di lokasi yang sering mereka melakukan aksi bali tersebut," tegas Kasat Lantas Polres Pulpis, AKP Roy A Tambunan melalui personelnya di lapangan yang namanya tidak mau dimuat saat membubarkan aksi bali.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Resahkan Warga, Satlantas Polres Pulpis Tindak Tegas Aksi Balap Liar Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top