Panwaslih Ingatkan Poin Penting dalam Masa Kampanye

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kapuas mengingatkan kembali beberapa hal penting terkait beberapa ketentuan dalam masa kampenye dalam Pilkada Kapuas 2018 ini.

"Ada beberapa hal yang perlu kita samakan persepsi agar pelaksanaan Pilkada berjalan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku," terang Iswahyudi Wibowo, Ketua Panwaslih Kabupaten Kapuas di sela konferensi pers Bapaslon Mawardi-Muhajirin di halaman KPU Kapuas, Jalan Tambun Bungai Selasa (9/1/2018).

Menurutnya, yang perlu dipahami tim kampanye antara lain, tentang izin kampanye dari pejabat negara baik itu anggota DPR, DPRD, maupun DPD.

"Kalau menjadi Jurkam (juru kampanye)  harus ada izin. Tanpa izin kami hentikan," tegas Iswahyudi.

Panwaslih, lanjutnya, berkomitmen dengan prinsip jujur dan adil dalam penyelenggaraan Pilkada. Dijelaskan tentang pelanggaran dalam Pilkada, di mana batas waktu penyampaian pelanggaran adalah tujuh hari setelah peristiwa diketahui. Sedang batas waktu penanganan pelanggaran hanya lima hari.

Kepada ASN maupun PNS juga diingatkan agar menjaga netralitas. Ada beberapa ketentuan yang perlu dipahami ASN dalam konteks pelaksanaan Pilkada.[zulkifli]


TAG