Panwaskab Pulpis Soroti Data Valid DPT

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis),  Ubeng Itun mengungkapkan, pihaknya tengah menyoroti data kependudukan di daerah setempat yang masih belum valid. Ini penting, mengingat data tersebut nantinya digunakan sebagai acuan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkada Pulpis tahun 2018.

"Penduduk memiliki hak pilih apabila sudah melakukan perekaman data kependudukan yang dibuktikan melalui e-KTP atau Surat Keterangan," kata Ubeng Itun kepada KabarKalteng, Kamis (4/1/2018).

Menurutnya, masih banyak masyarakat di sejumlah wilayah Pulpis yang masih belum melakukan perekaman data kependudukan.

Hal ini, lanjut Ubeng Itun, tentunya akan berdampak pada berkurangnya angka partisipasi pemilih atau hak pilihnya hilang dan tentunya berpotensi menimbulkan persoalan apabila ada penduduk yang tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Nantinya dikhawatirkan kalau masih belum melakukan perekaman, hak pilihnya akan hilang," tandasnya.

Terkait data penduduk ini, kata Ubeng, tentunya menjadi tugas bersama instansi terkait untuk diselesaikan.

Panwaslu setempat sebelumnya juga telah meminta kepada masing-masing camat untuk mendorong agar penduduk yang belum melakukan perekaman agar secepatnya diakomodir, mumpung masih ada waktu.

"Dari itu kami terus mengimbau bagi masyarakat Pulpis untuk segera melakukan perekaman," ucapnya.

Ubeng juga mengaku pihaknya sendiri masih belum mendapatkan jumlah data kependudukan yang valid dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Dua kali pihaknya telah melayangkan surat terkait masalah tersebut, tetapi masih belum mendapat jawaban dan data yang valid dari dinas terkait dalam hal itu Dinas Dukcapil. Informasi yang diterima, bahwa server untuk data kependudukan juga mengalami kerusakan.

"Ini yang ingin kami ketahui juga. Apakah data penduduk yang sebelumnya sudah terekam sudah masuk atau belum datanya di pemerintah pusat," tandas Ubeng.[manan]


TAG