• Latest News

    Kamis, 18 Januari 2018

    Negara Nepal Belajar GSC ke Desa Garantung


    PULANG PISAU - Desa Garantung menjadi tujuan rombongan delegasi Negara Nepal saat bertandang ke Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (18/1/2018). Desa yang masuk Kecamatan Maliku ini ternyata merupakan desa yang sukses dalam menjalankan program Gerakan Sehat Cerdas (GSC).

    Kedatangan delegasi Nepal yang dipimpin Mr Jagadish Regmi, National Planning Commission under Secretary Nepal itu, dengan tujuan untuk belajar sistem pemberdayaan masyarakat desa melalui program GSC dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Terpencil yang bekerjasama dengan Bank Dunia.

    "Desa Garantung menjadi pilihan mereka untuk belajar menerapkan program GSC," ucap Kepala BPMD Pulpis, Syariful Pasaribu.

    Menurut Syariful, suksesnya program ini  berkat kerja sama semua pihak, terutama dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Pulpis.

    "Suatu kehormatan besar bagi kita, karena wilayah kita dikunjungi negara luar (Nepal) hanya untuk belajar program GSC. Tentunya sangat bangga kita," ungkapnya.
      ‎
    Sementara itu, dikatakan oleh Kades Garantung, Supardiono, proses pelaksanaan program GSC mulai dari tingkat RT sampai dengan tingkat Kecamatan ini dengan mengedepankan serta menonjolkan kearifan lokal. Dan salah satunya melalui kegiatan keagamaan sehingga GSC ini  diperkenalkan.

    "Dengan diadakannya jadwal rutin masyarakat untuk berkumpul melalui kegiatan keagamaan/pengajian rutin, maka program ini kita kenalkan. Program yang didominasi oleh kaum perempuan ini dianggap berhasil dan ini terbukti sudah," ujarnya.

    Ditambahkannya, perwakilan dari GSC menjelaskan tentang juknis dan panduan pelaksanaan proses GSC. Selanjutnya, setelah semua proses dilaksanakan fasilitator dan kader desa mulai melakukan pemetaan dan identifikasi.

    "Untuk efektifnya program GSC ini. Fasilitator dan kader terus menerus memberikan informasi dan musyawarah yang difasilitasi oleh desa. Ini yang disebut rapat perumusan," jelasnya.

    Selain itu, rapat yang dilakukan untuk merumuskan usulan-usulan kegiatan semisal kesehatan ibu dan anak dalam rangka pencapaian indikator program tersebut.

    "Karena keberhasilan kegiatan ini harus sejalan dengann keinginan warga desa, maka harus dilakukan musyawarah bersama," tuturnya.

    Rombongan delegasi Nepal disambut Plt Sekda Pulpis, Sarifudin. Usai kegiatan, rombongan Nepal menuju Rujab Bupati setempat untuk melakukan ramah tamah dengan orang nomor satu di Bumi Handep Hapakat, yakni Bupati Pulpis, H Edy Pratowo.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Negara Nepal Belajar GSC ke Desa Garantung Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top