Lurah Endra Apresiasi Giat Kejaksaan Pulpis di Kelurahan Kalawa

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Lurah Kelawa, Endra Setiawan mengapresiasi upaya yang dilakukan Kejaksaan Negeri Pulang Pisau (Pulpis) Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam rangka memberikan sosialisasi penerangan hukum kepada masyarakat Kabupaten Pulang Pisau, khususnya warga RT 01 Kelurahan Kelawa.

"Sosialisasi penerangan hukum yang dilaksanakan Kejaksaan Pulpis kepada masyarakat ini sangat tepat, sehingga masyarakat mulai mengerti dan memahami terhadap hukum serta tugas dan fungsi kejaksaan," ujar Endra sapaan akrabnya kepada KabarKalteng, Kamis (11/1/2018).

Menurutnya, sosialisasi penerangan hukum di RT 01 Kelurahan Kelawa yang diikuti sebagian besar wanita penghibur dan pengelola hiburan malam (karaoke) serta masyarakat sekitar tersebut diberikan pemahaman bahaya narkoba dan dampak hukumnya. Secara gamblang, dipaparkan dan peserta pun dengan mudah mengikuti dan mencerna apa yang menjadi isi dari materi kegiatan tersebut.

"Peserta sangat antusias menyimak dan mengikuti kegiatan ini. Saya berharap, ini bisa menjadi bekal, sehingga tidak tersandung dan menyentuh tindakan yang berpotensi melawan hukum," ujar Endra.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, H Maryadi Idham Khalid SH MH mengatakan, bahwa Kejaksaan Negeri sangat berkepentingan untuk mensosialisasikan dan memberikan penerangan hukum kepada masyarakat. Langkah ini dilakukan dalam rangka meminimalisir dan upaya pencegahan terjadinya tindak pidana.

"Kami sangat berkepentingan mensosialisasikan ini, karena masyarakat perlu mendapatkan penerangah hukum," ujarnya.

Menurutnya, saat ini masyarakat tidak semuanya mengetahui bahaya narkoba dan dampak hukumnya. Selain itu, kasus yang terjadi di masyarakat itu cukup banyak, seperti terjadinya KDRT, sengketa lahan, nikah siri, poligami, KDRT.

Dalam hal ini, kata H Maryadi, masyarakat hanya bisa diam dan pasrah diri, karena takut atau kurang mengerti dan memahami tentang hukum.

"Mungkin karena takut atau ketidaktahuan hukum, sehingga masyarakat hanya berdiam diri ketika mendapati permasalahan hukum. Kita berharap, dengan dilaksanakan kegiatan sosialisasi penerangan hukum dapat membuka wawasan dan masyarakat sadar hukum," terang Kejari Pulpis.[manan]


TAG