KPU Tuntaskan Bimtek PPDP dan PPS di 17 Kecamatan

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas, bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di wilayah masing-masing telah selesai melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 17 Kecamatan Sekabupaten Kapuas.

"Sudah selesai dilaksanakan (Bimtek) hari ini (Rabu, 17/1/2018) berakhir," kata Suhardi, Komisioner KPU Kapuas, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Rabu (17/1/2018).

Menurutnya, Bimtek dilaksanakan selama 6 hari, dari 12 hingga 17 Januari, dan berlangsung di 17 Kecamatan. Bimtek dimaksudkan dalam rangka persiapan dilaksanakannya pencocokan dan penelitian (Coklit) pada Pilkada pemilihan bupati-wakil bupati Kapuas 2018, yang mana Coklit akan berlangsung mulai 20 Januari hingga 18 Pebruari 2018.

Menurut Suhardi, Coklit untuk memastikan agar warga setempat terdata sebagai pemilih, di mana dalam melakukan coklit itu sendiri berdasarkan dari data KTP elektronik ataupun Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan Disdukcapil. Jika terdapat warga yang pindah atau meninggal dunia, wajib dicoret tidak masuk lagi sebagai daftar pemilih.

"Kami (KPU) menginstruksikan agar PPS memonitoring PPDP, mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga pelaporan," tegas Suhardi.[zulkifli]


TAG