• Latest News

    Kamis, 25 Januari 2018

    KISP Pulpis Rencanakan Satu Desa Satu Website


    PULANG PISAU - Teknologi di era sekarang semakin canggih. Kecanggihan teknologi ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Di mana, tidak sedikit saat ini pelayanan bisa diakses hanya melalui smartphone saja.

    Apalagi kini banyak pelayanan yang sudah menggunakan sistem online, sehingga pelayanan bisa lebih transparan dilakukan tanpa bersentuhan langsung dengan individu.

    Selain itu, masyarakat yang lokasi tempat tinggalnya jauh dari tempat pelayanan bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan tanpa mengkhawatirkan jarak, waktu, biaya dan sebagainya. 

    Menyikapi perkembangan teknologi modern ini, Kepala Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (KISP) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Moh Insyafi mengatakan, pihaknya tengah memikirkan untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut untuk mempermudah pelayanan di pemerintahan. Ada rencana, pihaknya akan membentuk satu desa satu website. 

    "Kami merencanakan satu desa satu website. Masih disusun bagaimana sistem kerjanya nanti," kata Insyafi kepada KabarKalteng, Kamis (25/1/2018) via WhatsApp.

    Menurutnya, jika satu desa satu website ini bisa terealisasi, maka informasi kepada masyarakat di desa bisa cepat sampai. Informasi baik mengenai pembangunan, pengumuman, pelayanan dan sebagainya bisa langsung diakses. 

    "Jadi semua pelayanan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menggunakan sistem online nanti bisa terintegrasi," ujarnya.

    Memang, lanjutnya, untuk kendala yang dihadapi nanti mungkin masalah internet dan Sumber Daya Manusia (SDM). Namun, masalah internet ini mungkin bisa dianggarkan pemasangannya untuk desa sendiri melalui dana desa maupun anggaran dana desa. 

    "Kalau SDM-nya bisa dilatih. Sebab, ke depan ini harus diwujudkan. Agar semakin mempermudah, mempercepat dan transparansi dalam pelayanan," ungkap Insyafi. 

    Insyafi menambahkan, memang untuk pembentukan satu desa satu website ini banyak yang harus diperhatikan. Program ini juga tentu harus mendapatkan dukungan dari semua pihak khususnya pemerintahan di desa. 

    "Mungkin secara bertahap. SDM di kami dulu yang harus dimatangkan, baru setelah itu bertahap direalisasikan ke beberapa desa sebagai percobaan," tandasnya.[manan]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: KISP Pulpis Rencanakan Satu Desa Satu Website Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top