Kecamatan Kapuas Barat Gelar Mamapas Lewu

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Warga Desa Anjir Kalampan Kecamatan Kapuas Barat menggelar kegiatan Mamapas Lewu atau Bersih Kampung, kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Senin (8/1/2018) pagi di halaman gereja Katholik Santo Volius yang ditandai dengan pemukulan ketumbung.

Dalam sambutannya Bupati Kapuas menyampaikan bahwa Mamapas Lewu adalah sebuah kegiatan yang harus diketahui oleh generasi berikutnya. Dia meminta kepada seluruh adat untuk mendidik anak-anak supaya tahu tentang Mamapas Lewu.

“Hari ini merupakan sesuatu yang sangat bahagia untuk saya karena saya bertemu kembali dengan masyrakat Kecamatan Kapuas Barat,” ucap Ben.

Disampaikan secara langsung rasa bangga oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu kepada masyarakat Kecamatan Kapuas Barat yang inisiatif melaksanakan kegiatan Mamapas Lewu tersebut.

Masih dalam kesmepatan yang sama orang nomor satu di Kota Air itu juga menyampaikan tekatnya yang akan tetap fokus ke infastruktur, dan  meminta kepada semua pihak agar selalu menjaga kebersamaan, tali silaturahim, serta ikatan kekeluargaan tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan karena semuanya adalah bersaudara, serta yang  paling penting adalah terus bergandengan tangan untuk bersama-sama mencapai satu tujuan agar bagaimana masyarakat jadi lebih baik dan sejahtera.

Sementara dalam laporan Ketua Panitia Supiyadi bahwa kegiatan Mamapas Lewu bertujuan sesuai dengan niat masing-masing saat dilakukan doa lintas agama. Ia juga menerangkan bahwa pelaksanaan Mamapas Lewu itu sesuai kepercayaan leluhur,  yang  akan dilaksanakan oleh petugas-petugas. Yang pada kesempatan tersebut mengundang lima basir sebagai pelaksana ritual secara adat,  secara umum semuanya terlibat.

Setelah acara pembukaan selesai kegiatan diawali dengan mangarunya yang disaksikan langsung oleh Bupati Kapuas. Kegiatan ini dihadiri pula Ketua DAD Kapuas Talinting E Toepak dan anggota DPRD serta sejumlah Kepala SOPD.[angga]

 

TAG