• Latest News

    Selasa, 30 Januari 2018

    Kapuas Minus Difteri, DBD masih Terbanyak


    KUALA KAPUAS - Kabupaten Kapuas pada periode awal 2017 hingga memasuki awal tahun 2018 ini tergolong aman, lantaran tidak ditemukan adanya kasus penyakit difteri.

    "Meskipun dikategorikan aman, namun vaksinasi sesuai program pemerintah tetap dilakukan," terang Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr Tri Setyautami, Selasa (30/1/2018).

    Dikatakannya, untuk Kabupaten Kapuas hingga saat ini minus penyakit difteri. Itu berdasarkan laporan dari petugas kesehatan juga laporan Puskesmas-Puskesmas. Kendati demikian, karena penyebaran penyakit itu tidak mengenal batas wilayah tetap saja harus diwaspadai dengan tindakan pencegahan.

    Melalui program Kemenkes vaksinasi difteri yang selama ini dilakukan itu ditujukan pada ibu hamil, pada bayi di mana sebelum usia 2 tahun dilakukan lagi vaksinasi ulangan, selain itu vaksinasi  pada anak sekolah.

    Sedangkan yang di luar program dari pemerintah, vaksinasi itu berbayar dan tidak tersedia pada Puskesmas.

    "Itu didapatkan (vaksinasi) dari rumah sakit swasta, atau dari dokter spesialis," imbuh dr Tri.

    Menurutnya, untuk Kabupaten Kapuas sendiri jenis penyakit dengan jumlah terbannyak adalah demam berdarah (DBD), di mana sejak satu tahun terakhir diklaim hanya 49 kasus DBD yang dilaporkan. Meski demikian jumlah tersebut klaimnya telah terjadi penurunan dari tahun-tahun sebelumnya.

    "Penyakit terkait musim yaitu DBD, tidak melonjak. Dilaporkan ada 49 kasus selama 2017, jumlah itu terjadi penurunan dari (tahun) sebelumnya," tutup dr Tri.[zulkifli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kapuas Minus Difteri, DBD masih Terbanyak Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top