Jembatan di Desa Dayu jadi Tempat Pembuangan Sampah

Print Friendly and PDF


TAMIANG LAYANG – Miris!, imbauan agar tidak membuang sampah sembarangan, baik dari pemerintah maupun dari aktivis pecinta lingkungan tidak dihiraukan. Alhasil, sungai di bawah jembatan di Desa Dayu, Kecamatan Karusen Janang, Barito Timur dipenuhi sampah.

Pantauan KabarKalteng, Jumat (5/1/2018), kondisi di sekitar dan di bawah jembatan di Desa Dayu yang terletak di jalan raya Ampah – Tamiang Layang, dipenuhi sampah dan mengeluarkan aroma tak sedap.

Jembatan yang hanya berjarak beberapa meter dari Bundaran Dayu tersebut, dipenuhi tumpukan sampah rumah tangga, berupa plastik, pampers bekas dan lainnya, merusak pemadangan dan rawan menjadi sumber dan sarang penyakit serta mencemari sungai.

‘’Sangat disayangkan, apabila kondisi ini dibiarkan berlarut – larut. Sebab sungai tempat tumpukan sampah itu, merupakan aliran sungai yang juga masih digunakan warga sebagai sarana mandi, cuci dan keperluan rumah tangga lainnya,’’ ucap Tano (32), salah satu warga desa Dayu dengan nada kecewa.

Kondisi ini, menurut Tano merupakan akibat dari ketidak pedulian orang – orang yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan.

‘’Padahal sudah sering dipasang papan imbauan, tapi seringkali dihilangkan oleh tangan – tangan usil yang tidak bertanggung jawab,’’ sesalnya.

Menyangkut hal tersebut, sudah semestinya menjadi perhatian dan kesadaran dari semua pihak, untuk bersama – sama menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan, demi kelansungan ekosistem yang bersih dan bermanfaat serta menyehatkan manusia yang berada di lingkungan itu sendiri.[adi]

TAG