Jelang Pendaftaran Bapaslon, Parpol Pengusung Wajib Validkan Persyaratan

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas akan membuka pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati - Wakil Bupati Kapuas pada 8 hingga 10 Januari 2018. Bagi Partai Politik (Parpol) pengusung harus mempersiapkan semua kelengkapan terkait persyaratan, baik syarat calon dan syarat pencalonan sebagaima yang telah ditetapkan KPU.

"Pada saat pendaftaran dokumen kelengkapan syarat pencalonan, dokumen harus ada, harus lengkap," tandas Bardiansyah SE, Ketua KPU Kapuas, Kamis (4/1/2018).

Menurutnya, dokumen kelengkapan syarat pencalonan itu ada 18 jenis formulir. Terdapat perbedaan persyaratan pencalonan dengan Pilkada lima tahun lalu, di mana untuk Pilkada 2018 kali ini surat pernyataan tidak pailit dari Pengadilan Niaga menjadi salah satu persyaratan mutlak yang harus dikantongi Bapaslon.

Selain itu, salah satu kelengkapan syarat  pencalonan lainnya yaitu daftar nama tim kampanye kabupaten, kecamatan dan desa, juga disertakan pada saat pendaftaran. Terkait syarat pencalonan itu sendiri, sebelumnya KPU telah mensosialisasikannya kepada Partai Politik.

"Waktu pendaftaran tanggal 8 dan 9 Januari 2018, jam 08.00 sampai 16.00 WIB. Sedangkan pada tanggal 10-nya, (Januari) dari 08.00 sampai jam 24.00 WIB," pungkasnya.[zulkifli]


TAG