Jalan Sempit Akibatkan Macet di Desa Wisata Sanggu

Print Friendly and PDF


BUNTOK – Ribuan pengendara mobil dan motor pengunjung desa Wisata Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Barito Selatan, alami kemacetan sepanjang hampir dua kilometer.

Pantauan KabarKalteng, Senin (1/1/2018), jalan akses menuju dan keluar dari desa Wisata Sanggu, alami kemacetan sepanjang lebih kurang dua kilometer. Situasi ini diakibatkan, jalan akses tersebut kondisinya sangat sempit dan rusak.

Dodi (25), pengunjung asal Ampah, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur, menyesalkan kondisi tersebut. Disebabkan kemacetan tersebut, dirinya dan empat orang temannya yang lain, sudah lebih dari setengah jam terjebak di antara kemacetan tersebut.

‘’Sudah setengah jam lebih mas kami terjebak macet, niatnya sih mau berkunjung kedesa Sanggu, untuk berwisata, kalau begini kondisinya jadi jera saya berkunjung lagi kesini (Sanggu),’’ sesal Dodi.

Hal senada, juga diungkapkan oleh Peni (27), pengunjung asal Tanjung Tabalong, Kalimantan Selatan ini, lebih memilih putar balik arah. Dia yang bermaksud berwisata bersama suami dan anak – anaknya tersebut, mengaku gerah karena sudah terjebak macet hampir satu jam lamanya.

‘’Gerah mas, sudah satu jam terjebak macet, lebih baik balik arah saja cari tempat wisata lain saja,’’ ucap Peni bernada kesal.

Menurut Peni, selain kondisi jalan akses yang sempit dan rusak, situasi lalu lintas yang semrawut juga membuat kemacetan semakin parah.

‘’Yang mengatur lalu lintasnya juga kurang banyak sepertinya, lain kali setiap wilayah pariwisata seperti ini, semestinya sarana jalan dan lalu lintas harus menjadi perhatian serius pemerintah,’’ serukan Peni mengharap.

Karena kondisi tersebut, tidak sedikit pengendara yang memilih jalan memutar lewat jalan dalam desa dan banyak juga kendaraan yang terpaksa parkir di depan kantor – kantor dinas yang berada di seputar lokasi wisata, demi mengurai kemacetan.

Untuk diketahui, Desa Sanggu merupakan desa wisata yang berjarak kurang lebih 16 Km dari pusat kota Buntok, Barsel. Ada tiga destinasi wisata yang menjadi primadona di Desa Sanggu, yakni Danau Malawen dan yang baru buka di tahun 2017 adalah Tanah Abang (TA) dan Rawa Wendu (Rawen).

Ketiga destinasi wisata tersebut, seringkali dikunjungi warga untuk berlibur diakhir pekan, namun di momen tahun baru 2018 ini, puluhan ribu pengunjung terlihat memenuhi ketiga lokasi tersebut.[tampetu/deni]


TAG