Ini Tiga Lembaga yang Digandeng KPU, untuk Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas menggandeng tiga lembaga untuk pemeriksaan kesehatan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati - Wakil Bupati dalam Pilkada 2018. Ketiga lembaga itu adalah Ikatatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) serta Badan Narkotika Nasional atau BNN.

"Tiga lembaga itu (IDI, Himpsi dan BNN)  nantinya yang berperan dalam hal pemeriksaan kesehatan yang akan dilaksanakan di Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangkaraya," kata Bardiansyah SE, Ketua KPU Kapuas, Senin (8/1/2018).

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan bagi Bapaslon bupati-wakil bupati tersebut dilaksanakan dari 11 hingga 15 Januari 2018. Untuk pemeriksaan kesehatan Bapaslon sendiri diharuskan di rumah sakit tipe B. Terkait hasil pemeriksaan dari tiga lembaga itu KPU hanya menerima hasilnya. Sedang penentu kesimpulannya adalah ketiga lembaga tersebut.

Sementara itu, Ketua IDI Kapuas dr Haspiani mengatakan, untuk total pemeriksaan memakan waktu sekitar sembilan setengah jam.

"Total waktu keseluruhan sekitar sembilan setengah jam," imbuhnya.

Terkait hasil pemeriksaan kesehatan ada beberapa ketentuan juga yang harus dipenuhi, termasuk pengisian beberapa formulir yang harus diisi pasangan Bapaslon.[zulkifli]


TAG