Ini Penjelasan KPU Kapuas terkait Perbaikan Berkas Persyaratan Calon

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas, Senin (22/1/2018) telah melaksanakan penyerahan perbaikan dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon kepada LO/tim untuk kedua bakal pasangan calon (bapaslon), baik tim Mawardi - Muhajirin maupun Ben - Nafiah.

Ini terkait adanya perbaikan model BA.HP-KWK dari kedua bapaslon tersebut pada saat sebelumnya. KPU sendiri menyatakan sudah selesai dan clear, termasuk pencabutan gelar doktor oleh bakal wakil bupati Kapuas atas nama Nafiah Ibnoor, bahwasanya itupun sudah selesai.

"Dengan ketentuan mereka mencabut itu (gelar doktor) ada surat pernyataan dari yang bersangkutan di atas materai Rp6000, itu sudah terpenuhi," jelas Bardiansyah kepada sejumlah awak media, Senin (22/1/2018).

Menurutnya, hal itu sudah sesuai dengan ketentuan dan dinyatakan sah. "Dan terpenuhkan lagi yang bersangkutan juga mencoret dan memaraf (dokumen) supaya itu dihapus, seperti itu aturannya," sambungnya.

Dijelaskannya, bahwasanya itu juga dihadiri oleh Ketua dan anggota Panwaslih, pihak Kepolisian dan tim bapaslon yang bersangkutan. Termasuk dengan berkas atau dokumen persyaratan lain, juga dilakukan sebagaimana ketentuan di atas telah dinyatakan sah, dan telah sepengetahuan pihak KPU Provinsi Kalteng.

"(berkas persyaratan) dua bapaslon sudah lengkap, tinggal kita menunggu tanggapan masyarakat," imbuh Bardiansyah.

Bardiansyah menerangkan, jika pencoretan itu sendiri dilakukan oleh pihak yang bersangkutan. "Yang mencoret  pihak bersangkutan (calon) diparaf dan dikasih tanggal, dan membuat surat pernyataan di atas materai," katanya.

Menurutnya lagi, yang utama minimal ijazah SMA/SLTA telah terpenuhi. "Kalaupun ada ranah (persoalan) lain,  itu bukan ranah KPU lagi," pungkasnya.[zulkifli]


TAG