• Latest News

    Selasa, 30 Januari 2018

    HIV, TBC dan Malaria jadi Prioritas Pengendalian


    KUALA KAPUAS - Tiga jenis penyakit berbahaya menular bahkan dapat mematikan yaitu HIV atau Aids, tuberculosis atau TBC dan penyakit malaria, termasuk prioritas penyakit utama yang harus dikendalikan.

    "Untuk Kabupaten Kapuas sendiri penyakit HIV sudah ada kasus yang ditemukan, berpotensi meningkat," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr.Tri Setyautami, MPHM, Selasa (30/1/2018).

    Menurutnya, untuk HIV sendiri seperti fenomena gunung es, di mana ketika ditemukan satu pasien penderita yang terdeteksi, bisa saja ada puluhan bahkan ratusan yang tertular penyakit yang berbahaya tersebut.

    "HIV, TBC dan Malaria semua (penyakit)  menular berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB),"  imbuh dr Tri.

    Dikatakannya, semua penyakit itu dapat dilakukan pencegahan tentunya perlu dibangun cara pandang dan pola pikir dan tingkat kesadaran dari masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan melakukan deteksi dini sebelum penyakit itu sendiri datang.

    Untuk tindakan-tindakan prefentiv pada gejala TBC, lanjutnya, ketika seseorang mengalami batuk 2 minggu tanpa berhenti maka harus segera berobat. Obat yang diberikan dokter harus diminum sampai habis, etika ketika mengalami batuk, dan ruang pada rumah hendaklah mendapat cukup dari sinar matahari masuk, serta melakukan imunisasi.

    "Pencegahan pada malaria lebih kepada pola dan  prilaku hidup bersih dan sehat," imbuhnya.

    Sedangkan untuk prefentiv aids/HIV, di antaranya menghindari perilaku sex bebas, pastikan penggunaan jarum suntik yang steril, memastikan transfusi darah dari orang yang tidak terinfeksi dan hal lain-lagi yang sifatnya pencegahan akan terinfeksi virus HIV yang sangat berbahaya tersebut.[zulkifli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: HIV, TBC dan Malaria jadi Prioritas Pengendalian Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top