• Latest News

    Rabu, 31 Januari 2018

    Dua Kades Inginkan BUMDes Segera Aktif


    BUNTOK - Kedua Kepala Desa dari dua desa di Kecamatan Karau Kuala, Barito Selatan, yakni Kades Talio dan Kades Teluk Sampudau, sama - sama menginginkan agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) segera diaktifkan.

    Hal tersebut, disampaikan oleh keduanya dalam rangkaian kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2018, di wilayah Kecamatan Karau Kuala, Rabu (31/1/2018).

    Dalam paparannya, Kades Talio, Septha, menyampaikan bahwa dirinya dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta masyarakat desa Talio, sangat menginginkan agar BUMDES dapat segera diaktifkan.

    Hal ini, menurut Kades Wanita yang baru saja dilantik tersebut, menyangkut mengejar target percepatan desa Talio, menjadi desa mandiri sesuai dengan program yang tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Talio untuk enam tahun kedepan.

    "Kami dan seluruh masyarakat desa Talio, sangat menginginkan agar BUMDes, dapat segera aktif agar bisa digunakan untuk mencapai target percepatan kemandirian desa," tukas Septha.

    Hal senada, juga disampaikan oleh Kades Teluk Sampudau, Denny Saputra SP, menurutnya BUMDes sangatlah penting segera diaktifkan. Sebab program kemandirian desa, merupakan keharusan agar bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

    "Sangat penting bagi desa, untuk segera mengaktifkan BUMDes, sebagai upaya menambah PADes," sebutnya .

    Gayungpun bersambut, Wakil Bupati Barsel, Satya Titiek Atyani Djoedir, yang kala itu hadir sebagai Pemerintah Kabupaten Barsel, sangat menyetujui adanya rancangan kegiatan pengaktifan BUMDes di desa - desa.

    Hal ini, menurut Aty, merupakan keharusan sebab program Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), tidak diketahui apakah akan bertahan selamanya ataukah seiring dengan bergantinya pemerintahan, mungkin saja program tersebut akan dihapuskan.

    "Oleh karena itu, BUMDes merupakan hal penting, yang harus segera dilaksanakan oleh setiap desa, agar jangan selalu bergantung terhadap program DD dan ADD," tegas Aty.[tampetu]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Dua Kades Inginkan BUMDes Segera Aktif Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top