DPA APBD Barsel tidak Boleh Dibuka ke Publik, Benarkah?

Print Friendly and PDF


BUNTOK – Benarkah Daftar Pelaksana Anggaran (DPA) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Barito Selatan, merupakan sebuah rahasia negara yang tidak boleh diketahui oleh publik?

Seperti diungkapkan oleh Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Barsel, Drs Su’aib MAP di Kantornya, Kamis (4/1/2018).

Kepada KabarKalteng, Su'aib mengatakan, bahwa DPA APBD Barsel merupakan dokumen rahasia negara yang tidak boleh dibeberkan kepada publik.

‘’Kan yang pegang DPA-ya SOPD masing – masing mas. Karena itu dokumen rahasia negara, jadi tidak banyak yang boleh tahu,’’ ucap Su’aib.

Menurut Su'aib, DPA yang tertuang dalam aplikasi online hanya bisa dibuka oleh masing – masing Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) saja, karena memiliki password sendiri yang tidak boleh diakses oleh publik.

‘’Aplikasi itu, passwordnya hanya dimiliki oleh masing – masing SOPD, jadi untuk mengetahui informasi secara global itu tidak bisa dilakukan,’’ tegas Su’aib.

Keterbukaan informasi publik, sebenarnya sudah diatur oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), masing – masing Badan Publik, harus memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang berada di bawah pengawasan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri. 

Tugas PPID, adalah membuka informasi kepada publik, seluas -luasnya dan mudah dijangkau oleh masyarakat dan dengan Bahasa yang mudah difahami. Hal ini diatur dalam PP Nomor : 61/2010 tentang pelaksanaan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.[tampetu]


TAG