DKPP Pulpis bakal Buka Penerimaan CPNS 2018

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Kepala Dinas Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (DKPP) Pulang Pisau, Saripudin, Selasa (9/1/2018) menyampaikan kabar gembira. Itu karena pada 2018 ini pemerintah akan kembali membuka pendaftaran calon Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ini disampaikan langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Namun, kata Saripudin belum bisa dipastikan berapa banyak lowongan yang tersedia dan untuk formasi apa saja.

Sebab, lanjutnya, Kemenpan-RB masih menunggu data yang disampaikan setiap kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Formasi CPNS yang dibuka akan disesuaikan terlebih dulu dengan anggaran negara.

"Untuk berapa jumlah yang tersedia, dan berapa formasi yang disediakan kita masih menunggu kuota dari pusat untuk Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) itu berapa. Dan yang jelas jauh-jauh hari kita sudah mengusulkan sesuai surat dari Kemenpan-RB yang menyampaikan kepada kita maka itu akan kita kirim," terangnya kepada KabarKalteng, Selasa (9/1/2018).

Dikatakannya pula, saat ini pihaknya hanya menunggu persetujuan dari Pemerintah Pusat terkait jumlah kuota yang dibagikan untuk daerah. Dan usulan dari pihaknya sebelumnya ada tiga bidang yang diprioritaskan, yakni pendidikan, kesehatan dan tenaga teknis sesuai dengan permintaan yang disampaikan kepada pihaknya.

"Jumlah yang kita usulkan berdasarkan analisa jabatan dan kebutuhan pokok PNS kita, dibutuhkan sebanyak 3.000 pegawai. Dan itu sudah klop seluruhnya untuk kebutuhan pegawai termasuk guru dan sebagainya," ujarnya menjelaskan.

Menurut Saripudin, berapa pun nantinya yang dibagikan pusat untuk penambahan pegawai, maka itu setidaknya dapat menutupi selama tiga tahun yang belum ada penerimaan PNS. Apalagi tambahnya, rata-rata dalam setiap tahun 100 orang PNS yang pensiun. Dan dalam 3 tahun tidak ada penerimaan maka sekitar 300 orang PNS yang berkurang.

"Dan kita mengetahui, hampir setiap SOPD yang kekurangan pegawai, dan bahkan di Setda pun ada bagian-bagian yang memang tidak mempunyai staf," tegasnya.

Saripudin menyadari, saat ini sudah banyak masyarakat yang mencari informasi mengenai rekrutmen CPNS 2018 melalui internet. Namun, ia meminta masyarakat untuk bersabar dan menunggu pengumuman resmi dari Kemenpan-RB, khususnya di DKPP setempat.

"Nanti kalau sudah jelas informasi resmi dan jumlah kuota yang kita terima, maka pada waktunya akan kita umumkan," tandasnya.[manan]


TAG