• Latest News

    Senin, 22 Januari 2018

    Coklit Serentak Per 20 Januari, KPU Kapuas Data 13.037 Pemilih


    KUALA KAPUAS  - Pencocokan Penelitian (Coklit) pemutakhiran data serentak yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai Sabtu, 20 Januari 2018, kini masih berlangsung.

    "Gerakan Coklit serentak, termasuk Kapuas pada 20 Januari 2018, sekarang masih berjalan," kata Bardiansyah, Ketua KPU Kapuas, Senin (22/1/2018).

    Menurutnya, dalam coklit serentak itu melibatkan anggota KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), di mana mereka minimal melakukan coklit untuk 5 buah rumah.

    Total rumah yang dicoklit pada 20 Januari lalu sebanyak 4579 buah rumah di 17 kecamatan se-Kabupaten Kapuas. Coklit berbasis Data Potensial Penduduk Pemilih Pemilu (DP4), dalam melakukan coklit berdasarkan e-KTP atau Suket dan Kartu Keluarga.

    Pemilih yang dicoklit, lanjutnya, untuk laki-laki sebanyak 6900 orang, perempuan 6137 orang dengan total 13.037 orang pemilih. Untuk jumlah anggota PPDP yang direkrut KPU Kapuas sebanyak 891 orang, di mana waktu pelaksanaan coklit itu berlangsung hingga satu bulan.

    Sementara itu, di tempat terpisah beberapa waktu lalu, Kabid Pendataan dan Pendaftaran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kapuas, Sipie S Bungai, kepada KabarKalteng mengatakan, pihaknya telah menyerahkan kepada KPU Kapuas, Data Potensial Penduduk Pemilih Pemilu (DP4) untuk Kabupaten Kapuas terdapat 300.027 yang terdata.

    "Dari jumlah data DP4 ada kemungkinan bertambah ada kemungkinan berkurang jumlahnya," imbuh Bardiansyah.

    Selain itu dikatakan dari hasil coklit pemutakhiran data akan ditentukan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang nantinya akan ditetapkan lagi menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).[zulkifli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Coklit Serentak Per 20 Januari, KPU Kapuas Data 13.037 Pemilih Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top