Coklit Serentak, Anggota KPU Sambangi Kediaman Panwascam

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Komisi pemilihan Umum (KPU) melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) pemutakhiran data pemilih secara serentak berlangsung selama satu bulan, dan dimulai hari ini, Sabtu (20/1/2018). Tak terkecuali dengan KPU Kabupaten Kapuas, Kalteng, juga tengah melaksanakan coklit.

"Ya ini sedang melaksanakan coklit di kediaman Ketua Panwascam Kapuas Timur, bersama anggota KPU Provinsi (Kalteng) juga," kata Suhardi, Anggota KPU Kapuas, saat dihubungi KabarKalteng.

Menurutnya, coklit dilakukan Petugas Pemutakhiran Data (PPDP) dengan datang langsung ke rumah warga di wilayah TPS masing-masing. Petugas akan meminta warga yang didatangi untuk memperlihatkan KTP atau Surat Keterangan (Suket) dari Disdukcapil, dan Kartu Keluarga (KK). Kemudian petugas akan mencocokan dan meneliti kesesuaian dengan data yang dimiliki KPU. Jika terdapat ketidaksesuaian data, maka akan diubah sebagaimana mestinya.

Lanjutnya, jika ada warga pemilih yang pindah atau meninggal dunia, maka petugas akan mencoret data warga pemilih itu. Jika terdapat pemilih baru yang belum terdaftar, akan dimasukkan dalam formulir pemilih baru.

"Tujuan coklit adalah pemutakhiran data pemilih di TPS masing-masing, untuk pilkada Kapuas 2018," imbuh Suhardi.

Dengan adanya coklit pemutakhiran data akan ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), sehingga diharapkan nantinya  tidak ada lagi warga yang tidak terdata untuk Pilkada 2018, yang akan digelar pada Juni 2018 Nanti.[zulkifli]


TAG