Bupati Serahkan Bantuan Sosial ke Yayasan Bina Harapan

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Kepala Dinas Sosial Drs Jaya dan Kepala SOPD Lingkup Pemkab Kapuas menyerahkan Bantuan Sosial (Hibah) dalam bentuk barang dari Pemerintah Kabupaten Kapuas kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Yayasan “Bina Harapan” di Kecamatan Selat, Selasa (9/1/2018) pagi.

Adapun bentuk barang yang diberikan Seragam Sekolah 22 stel, Seragam Pramuka 11 stel, Selimut 15 lembar, Seprai 15 set, Kelambu 15 buah, Beras  40 kaleng, Gula Pasir 25 Kg, Sapu Ijuk 4 buah, Pel Jepit 4 Buah, Minyak Goreng 2 Liter 15 Bungkus.

Kemudian, Pasta Gigi 24 buah, Sikat Gigi 29 buah, Sampo 25 buah, Sabun Batang 29 buah, Deterjen 31 bungkus, Teh Celup 35 buah, Sarden 20 kaleng, Mie 22 kardus, Susu Kental Manis 33 kaleng, Kacang Hijau 22 Kg, Handuk 11 Lembar dan Sarung 11 lembar.

Dalam arahannya, Bupati Kapuas meminta kepada Dinas Sosial untuk selalu berkoordinasi dengan Pimpinan Yayasan terkait kebutuhan dari anak-anak binaan di yayasan itu, termasuk didalamnya kebutuhan Sembilan Bahan Pokok dan Peralatan Sekolah.

“Seluruh bidang dan dinas terkait bekerja sama dengan Yayasan “Bina Harapan” agar memonitor terus keberadaan mereka. Jangan sampai ada  yang kesulitan dan tidak berdaya. Mereka adalah anak-anak kita,”katanya.  

Ben menekankan, semua harus bergerak cepat baik semua dinas terkait harus saling kordinasi dalam hal  yang sifatnya untuk membantu anak-anak maupun masyarakat. “Yang namanya emergency Bupati akan siap berutang dimana saja,” ucapnya.

Secara khusus untuk Dinas Kesehatan terutama Kepala Rumah Sakit Daerah, ia menghimbau untuk memperhatikan anak-anak binaan yang sakit. Maka dari itu, Ben meminta pula kepada tim dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat secara periodik memberikan pelayanan kesehatan.

“Untuk anak yang berkebutuhan khusus, ke depan kita pikirkan harus ada Psikiater di Kapuas untuk membina mereka. Kordinasikan dengan Dinas Kesehatan, supaya tidak jauh-jauh lagi ke Banjarmasin,” terang Ben Brahim.

Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan serta bangganya kepada Bapak dan Ibu Guru yang telah bersusah payah mengasuh anak-anak di yayasan tersebut, karena bagi dia merupakan tugas yang luar biasa.

Dalam kesempatan itu, Orang Nomor Satu di Kapuas itu mengaku sangat terharu bertemu dengan anak-anak di yayasan “Bina Harapan”, karena bagi dia sudah seperti anak sendiri. Untuk itu ia mengajak untuk tetap semangat belajar dan belajar agama.

Untuk Muslim ia menghimbau agar anak-anak sudah Tamat Baca Tulis Al-Qur’an, untuk Nasrani rajin baca Alkitab demikian pula dengan kepercayaan yang lainnya. “Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Bapak terus terang artinya tidak tahan mau meneteskan air mata bertemu dengan kalian dan Bapak doakan suatu saat kalian menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Jaya dalam laporannya mengatakan anak-anak yang berada di Yayasan “Bina Harapan” terus bertambah atau berkurang, namun lanjut dia, sesuai data dari yayasan baik yang sudah diverifikasi dan di validasi, terdapat 11 anak yang memang harus dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas.[angga]


TAG