Bhabinkamtibmas Desa Hanjak Maju Beri Imbauan Stop Pungli

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Pencegahan pungutan liar (pungli) di kalangan aparatur desa turut dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Hanjak Maju, Ipda Agus. Di mengimbau kepada aparatur desa setempat agar jangan main-main dengan praktik pungli ini, mengingat pungli ini perilaku yang melanggar hukum.

"Pemberi dan penerima dalam praktik pungli ini sama-sama melanggar hukum.  Jadi ada konsekuensi hukumnya apabila terbukti melakukan praktir tersebut," terangnya kepada KabarKalteng, Kamis (18/1/2018) di Kantor Desa Hanjak Maju, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis).

Menurutnya, di era ini yang namanya pungli tidak ada yang dibenarkan. Meski dengan dalih memiliki dasar atau tidak memiliki dasar sama saja. Sehingga bila ditemukan praktik tersebut maka dapat dikenakan pidana.

"Apapun itu alasannya tidak dibenarkan dan akan ada tindak pidananya terkait pungli tersebut," tandasnya

Dikatakan Ipda Agus, saat ini pemerintah Republik Indonesia (RI) lebih fokus dan sangat memperhatikan terhadap segi pembangunan, khususnya pembangunan di wilayah pedesaan. Dari itu pemarintah telah mengucurkan dana besar untuk desa, baik melalui ADD maupun DD untuk pembangunan desa baik infrastruktur maupun pembangunan lainnya, agar masyarakat pedesaan dapat merasakan lamgsung kemajuan pembangunan.

Oleh karena itu, budaya pungli dapat dihilangkan, karena kucuran dana pemerintah pusat sangat besar. "Nah kalau masih ada yang melakukan praktik pungli, maka jangan segan-segan untuk melaporkannya kepihak berwajib setempat," ucapnya.[manan]


TAG