Balon Bupati - Wakil Bupati Pulpis Diprediksi Mendaftar di Injury Time

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Sejumlah bakal calon (Balon) yang diusung Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) diperkirakan akan mendaftar di Pilkada Pulpis tahun 2018 di hari terakhir penerimaan pendaftaran pasangan Balon, yakni pada Rabu 10 Januari 2018 yang tinggal beberapa hari lagi.

Dipredikai hal itu tidak terlepas dari sulitnya mencapai titik temu terkait kesepakatan koalisi parpol, berikut masing-masing balon diusungnya untuk pemenangan Pilkada Pulpis 2018.

Dari 9 parpol yang memiliki keterwakilan di DPRD Kabupaten Pulpis, baru lima Parpol yang mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani Ketua Umum DPP Partai untuk mengusung Pasangan Calon (Paslon) dalam pesta Demokrasi di Bumi Handep Hapakat.

Kelima Parpol tersebut adalah PDI Perjuangan dengan Golkar yang mendukung Pasangan Petahana H. Edy Pratowo - Pudjirustaty Narang. Sementara pasangan calon bupati dan wakil bupati, H Idham Amur dan H Ahmad Jayadikarta telah mendapatkan rekomendasi dari Partai PKB, PPP dan Nasdem.

"PDI Perjuangan sudah menyerahkan surat rekom yang ditandatangan langsung Ketua DPP Ibu Megawati Soekarno Putri kepada pasangan Edy-Taty kemarin (Sabtu, 6/1/2018) yang diserahkan langsung oleh Bambang DH di J's Kitchen," ucap Ketua Badan Pemenang Pemilu DPC PDI Perjuangan Pulpis Hermawan Mihing, kepada KabarKalteng, Minggu (7/1/2018) di kediamannya.

Hermawan juga mengungkapkan berdasarkan info yang dikumpulkannya, paslon Edy-Taty dalam Pilkada Pulpis akan diusung oleh beberapa partai diantaranya PDI Perjuangan, Golkar PKPI, Demokrat dan PAN.

"Katanya Rekom sudah keluar dari lima Partai itu. Tapi yang baru saya lihat B1KWK cuma punya PDI perjuangan dan Golkar," ungkapnya.

Terpisah Balon H Idham Amur dan H Ahmad Jayadikarta saat dihubungi mengungkapkan, pihaknya telah memiliki dukungan yang cukup untuk bertarung dalam Pilkada Pulpis 2018 dengan dukungan dari PKB, PPP dan Nasdem.

"Baru- baru ini kita menerima mandat dari PKB yang secara langsung diserahkan oleh Ketua Umum PKB, A Muhaimin Iskandar pada acara AKPOLBANG PKB dan penyerahan mandat politik PKB untuk calon bupati, wakil bupati dan calon walikota dan wakil walikota pada Pilkada 2018 yang berlangsung di Kantor DPP PKB Jakarta Pusat, Jumat (7/1/2018) malam. Dengan koalisi tiga partai sudah memenuhi syarat kita bertarung dalam pilkada 2018," ucap Idham.

Idham mengatakan, salah satu kesimpulan dari mandat politik PKB ini adalah politik Rahmatan Lil Alamin, yang bisa diartikan politik kasih dan sayang bagi Alam Semesta, yang mempunyai konsekuensi hubungan tanggung jawab kepada Allah SWT, kepada manusia dan juga tanggung jawab kepada alam semesta.

Politik Rahmatan Lil Alamin itu akan reprentasikan di Kabupaten Pulang Pisau. Pihaknya harus tetap menjaga kelestarian dan alam semesta, alam dan bumi tidak boleh rusak karena dieksloitasi.

"Kalau pendaftaran masih kita rencanakan. Ya pastinya kita akan mendaftar tunggu saja," pungkasnya.

Sementara itu Pihak KPUD Pulpis akan membuka pendaftaran mulai tanggal 8 hingga 10 Januari 2018 ini, yang bertempat di Sekretariat KPUD Pulpis.

Diharapkan para pasangan calon yang berniat untuk mengikuti pesta demokrasi itu dapat memenuhi syarat yang telah ditentukan.

"Pendaftaran dibuka mulai tanggal 8 sampai dengan 10 Januari 2018. Pada tanggal 10 Januari 2018 pendaftaran akan kita tunggu hingga pukul 24.00 WIB," jelas Ketua KPUD Pulpis H Untung Surapati.

Syarat utama yang tentunya perlu diperhatikan oleh masing-masing balon yakni membawa rekom yang ditandatangi oleh Ketua Umum (Ketum) masing-masing Partai.

"Minimal syarat utama lima kursi terwakilkan di DPR Pulpis," ucap Untung.[manan]


TAG