Advokasi Buruh, F. Hukatan KSBSI Menangkan Gugatan

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Bersama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) F. Hukatan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Kabupaten Kapuas, Kalteng berhasil memenangkan perkara gugatan  anggotanya atas nama Yuliatin  melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Palangka Raya dalam sidang putusan perkara 15 Januari 2018.

"Setelah sepuluh kali persidangan sejak November 2017, putusan  (pengadilan) menyatakan PHK-nya tidak sesuai undang-undang ketenagakerjaan," kata M Junaedi L Gaol, Ketua DPC F. Hukatan KSBSI, Kabupaten Kapuas, Selasa (16/1/2018) kepada Kabar Kalteng.

Putusan itu, lanjutnya, memerintahkan kepada perusahaan untuk membayar pesangon dua kali ketentuan pasal 156 Undang-Undang nomor 13 Tahun 2013.

Permasalahan yang menimpa anggota KSBSI Kapuas itu sendiri, menurut Gaol yang bersangkutan di PHK secara sepihak oleh PT FM, yang mana tindakan tersebut mengabaikan hak yang bersangkutan sebagai pekerja, sehingga merupakan kewajiban KSBSI untuk mengadvokasi anggotanya.

Menurut mantan anggota DPRD Kapuas itu, saat ini juga sedang berproses persidangan di mana KSBSI Kapuas  melakukan pengadvokasian kepada anggotanya atas nama Yeni yang berperkara dengan salah satu perusahaan sawit di Kabupaten Kapuas.

"Selama ini (di Kapuas) belum pernah ada buruh yang menggugat, dan untuk anggota KSBSI Kapuas sendiri sudah puluhan perkara yang dimenangkan," klaim Junaedi Gaol.[zulkifli]


TAG