Waspada!!! Dua Penyakit Ini Berbahaya di Musim Penghujan

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Memasuki musim penghujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat setempat untuk terus melakukan upaya menjaga kesehatan serta lingkungan sekitar.

Sebut saja seperti menutup, menguras, dan mengubur tempat-tempat yang berpotensi akan berkembangnya bibit-bibit penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Kita sudah memasuki musim hujan, dari itu kami ingatkan bagi segenap masyarakat, khusus masyarakat Pulpis untuk menjaga kesehatan dan juga tetap menjaga lingkungan sekitar dengan menerapkan 3M," ungkap Kepala Dinkes Pulpis, Muliyanto Budihardjo kepada KabarKalteng, Sabtu (7/12/2017) via telpon.

Menurutnya, pada musim penghujan seperti ini penyakit yang sering muncul, yakni penyakit DBD dan diare. "Biasanya di musim hujan, penyakit DBD dan diare ini sering menyerang masyarakat. Dari itu kita lakukan imbauan, dan nantinya akan kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam pencegahan dari serangan kedua penyakit berbaha tersebut," ujar dr Mul, begitu biasa ia disapa.

Dikatakan dr Mul, bagi masyarakat yang mengalami gejala-gejala penyakit demam berdarah, agar kiranya dapat langsung melakukan pengobatan ditempat kesehatan terdekat, seperti pustu atau puskesmas.

"Bila ada yang mengalami gejala penyakit DBD dan diare, jangan sampai dilarut-larutkan, segera memeriksakan ketempat kesetahan terdekat. Biasanya gejala awal yang sering timbul pada DBD dan diare ialah ,pusing, mual, munta-muntah, meriang bahkan sampai demam tinggi," katanya.

Oleh karena itu masyarakat kembali diimbau agar senantiasa menjaga kebersiha lingkungan. "Jangan buang sampah sembarangan seperti bahan -bahan bekas, sebaiknya dikubur, seperti bak air di rumah ditutup dengan rapat serta jangan lupa lakukan pengurasan agar  nyamuk demam berdarah tidak dapat bertelur dan berkembang biak," pungkasnya.[manan]


TAG