Surat Keterangan tidak Sedang Pailit jadi Syarat Wajib Paslon Pilkada

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Tahapan pendaftaran calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sebentar lagi, baik calon maupun Partai Politik tentunya harus matang kesiapannya sebelum mendaftar ke KPU, persiapan itu terkait seluruh persyaratan yang harus dipenuhi sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku,

"Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui, syarat calon itu harus ada surat keterangan dari Pengadilan Niaga Surabaya," terang Bardiansyah, Ketua KPU Kapuas, Jumat (29/12/2017).

Syarat yang dimaksud adalah Surat Keterangan Tidak Sedang Pailit yang dikeluarkan oleh Pengadilan Niaga Surabaya, yang menyatakan Paslon tidak sedang dalam kebangkrutan, dililit utang piutang. Tanpa memenuhi persyaratan itu akan ditolak.

Terdapat beberapa perbedaan, lanjutnya terkait syarat pencalonan kepala daerah untuk Pilkada 2018 dengan Pilkada Kapuas sebelumnya.

Waktu pendaftaran Paslon Kepala Daerah untuk Pilkada 2018 pada 8 hingga 10 Januari 2018, diingatkan bagi Parpol pengusung hendaknya sejak dini mempersiapkan terkait syarat pencalonan,  dokumen atau formulir yang harus disampaikan ke KPU pada saat melakukan pendaftaran.

"Agar seluruh Parpol pengusung mempersiapkan terkait semua syarat untuk pendaftaran," imbau Bardiansyah.

Dalam proses pendaftaran Paslon pihaknya mengacu dengan ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku, KPU hanya akan menerima bagi Paslon yang seluruh persyaratannya terpenuhi.[zulkifli]


TAG