Rehab Pertokoan Danu Mare akan Dilaksanakan di 2018

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Harapan para pedagang pertokoan Danu Mare yang terletak di Jalan A Yani Komplek Pasar Kapuas tampaknya menemui titik terang. Pasalnya, rehab pada bangunan pertokoan bertingkat dua itu akan segera  dilaksanakan pada tahun anggaran 2018.

Hal itu sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kabupaten Kapuas melalui Kabid Perdagangan, Anita.

"Sudah dianggarkan (rehabilitasi) di 2018, anggaran sudah disetujui dari APBD murni," kata Anita, Kamis (28/12/2017) kepada KabarKalteng ditemui di ruang kerjanya.

Menurutnya, meski dengan pagu anggaran yang minim yaitu hanya Rp150 juta, tetap dilakukan rehab pada bagian yang rusak parah. Perwakilan pedagang pertokoan Danu Mare, beberapa waktu lalu juga sudah pernah meminta perbaikan atas kerusakan tersebut.

Kendati demikian, pihaknya akan mengupayakan pada Angaran Biaya Tambahan 2018, bisa dianggarkan lagi untuk penyempurnaan rehab pertokoan yang dulunya pernah berkantor Bank Danamon di lokasi itu.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Kapuas, Andreas Nuah mengatakan, pada 2017 telah dilakukan rehabilitasi pada bagian atas dan tangga. Namun dengan anggaran yang minim sekitar Rp200 juta, sehingga bagian atap bawah dan tiang penyangga yang rusak tidak tercover. Pihaknya, lanjutnya, dalam hal ini hanya melakukan pengelolaan uang sewa dari pedagang.

"Untuk perbaikan fisik yang rusak hal tersebut bukan domain pihak kami," pungkas Andreas.[zulkifli]


TAG